100 Hari Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, Ini Respon Warganet: 37 Persen Positif, 30 Persen Negatif

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Selain mensigi menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju, lembaga survei jagat maya,  Indonesia Indicator (I2), juga memantau perbincangan terkait pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin di Twitter menggunakan piranti lunak artificial intelligence (AI). Dan hasilnya perbincangan terkait pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin mencapai 4.160.835 cuitan dari 311 ribu akun.

“Jumlah kicauan terbanyak berada di Oktober 1,068 juta cuitan dan Desember 2019 1,1 juta cuitan,” ujar Direktur Komunikasi I2, Rustika Herlambang lewat keterangan pers tertulisnya Senin (03/02/2020).

Muat Lebih

Percakapan terkait Kabinet Indonesia Maju di Twitter didominasi oleh kaum milenial, yang mencapai 82,3 persen. Sebanyak 40 persen di antaranya adalah kaum hawa.

Latar belakang sentimen tertentu atau sikap politik sebagai bagian dari suatu komunitas tertentu kerap kali berpengaruh terhadap besar kecilnya perhatian terhadap suatu isu di media sosial Twitter.

Polarisasi preferensi politik pada Pilpres 2019 lalu, masih menjadi salah satu penggerak perdebatan, meskipun jumlah sudah mulai berkurang. Hal inilah yang menjadikan respons di media sosial Twitter terlihat begitu dinamis dan bersaing cukup ketat.

Seperti terlihat dalam temuan respons netizen terhadap Jokowi-Ma’ruf. Sebanyak 37 persen warganet memberi respons positif terhadap kinerja Kabinet Indonesia Maju. Sebanyak 33 persen warganet memberi respons netral dan 30 persen yang memberi respons negatif.

Demikian juga dengan emosi warganet pada 100 hari kinerja Kabinet Indonesia Maju didominasi oleh antisipasi yang berisi harapan, masukan, dan ada pula kritikan. Kemudian, disusul emosi trust, surprise, disgust, joy, dan anger. Hanya sedikit yang sadness dan fear.

“Isu terbesar yang dipercakapkan oleh netizen adalah soal banjir Jabodetabek. Perbincangan mengarah pada penanganan banjir yang dilakukan oleh pemerintah, khususnya Presiden Jokowi. Isu lainnya yang cukup kuat membentuk jejaring percakapan adalah soal penanggulangan radikalisme dan terorisme, kasus Jiwasraya, serta polemik kebijakan para Menteri,” ungkap Rustika.

Indonesia Indicator (I2) juga mencatat ada 10 isu utama di Kabinet Indonesia Maju yang mendapat perhatian dari warganet. Yakni; isu transformasi ekonomi mendominasi percakapan warganet dengan 93.659 cuitan. Doa dan harapan netizen untuk Presiden Jokowi berada di posisi kedua dengan 87.131 cuitan. Penanganan radikalisme dan intoleransi di posisi ketiga dengan 64.530 cuitan. Isu lainnya yang banyak dibicarakan netizen adalah dinamika isu KPK dengan 63.760 cuitan.

Kasus korupsi BUMN menjadi isu kelima yang diperbincangkan netizen dengan 61.244 cuitan. Lima isu lainnya yang banyak disoroti netizen adalah dinamika isu Papua 57.340 cuitan, isu negatif tentang Cina 55.234 cuitan, sengketa Perairan Natuna 53.362 cuitan, kinerja Ekonomi 52.785 cuitan, dan pemindahan Ibu Kota 44.685 cuitan.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *