Anak Buah Mega Pertanyakan Legal Standing Mahasiswa Yang Gugat UU KPK di MK

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Menanggapi permohonan uji materi terhadap Undang-Undang (UU) KPK yang diajukan oleh beberapa kalangan di Mahkamah Konstitusi, anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan menghormati langkah hukum tersebut.

Namun, politisi PDI Perjuangan ini meminta kepada semua pihak untuk bisa mensakralkan persidangan dengan menghadirkan para pemohon yang mempunyai legal standing yang jelas.

Muat Lebih

“Artinya memang layak untuk dihadirkan. Bayangkan, ada pemohon dari kalangan mahasiswa yang merasa kepentingannya terganggu terkait dengan masalah penyadapan. Secara logika dan akal sehat apakah mahasiswa terganggu dengan penyadapan itu?” kata Arteria di Jakarta, Selasa (04/02/2020).

Arteria menyatakan revisi UU KPK ditujukan bukan untuk melemahkan KPK, melainkan untuk memperkuat KPK secara kelembagaan.

“Kita harapkan dengan revisi UU KPK yang sudah berjalan dengan kepemimpinan yang baru ini saya optimis bahwa penegakan hukum pemberantasan korupsi maupun juga pencegahannya bisa berjalan jauh lebih baik dan efektif,” tambah Arteria.

Menurutnya, KPK kini mempunyai legitimasi yang kuat. Seseorang tidak bisa lagi mengatakan KPK-nya salah, karena KPK mempunyai Dewan Pengawas.

“Ada instrumen kontrol yang selalu melekat dalam setiap giat-giat penegakan hukum yang dihadirkan oleh KPK,” ujarnya.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *