Artis Rina Gunawan Meninggal, Begini Cerita Teddy Syach soal Kondisi sang Istri Sebelum Jatuh Sakit

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Artis Rina Mustikana Gumilang Gunawan, atau lebih dikenal dengan Rina Gunawan, berpulang pada Selasa (2/3/2021) di usia ke 46 tahun.

Sangs suami, aktor Teddy Syah, mengungkapkan kronologi dan kondisi sang istri, Rina Gunawan, sebelum meninggal dunia pada Selasa (2/3/2021), karena terpapar Covid-19. Teddy mengatakan, sang mendiang istri memiliki banyak kesibukan yang menyebabkan tubuhnya kelelahan.

Muat Lebih

“Kegiatan yang cukup padat, beliau kecapaian karena beberapa kali mengurus acara,” kata Teddy, saat ditemui awak media usai pemakaman Rina Gunawan di TPU Tanah Kusir, Jakarta, Rabu, dikutip JPNN dari siaran langsung CumiCumi, Rabu (3/3/2021).

“Puncaknya justru pada saat istirahat, di acara terakhir, enggak tahu terpapar di mana,” lanjut Teddy.

Selain karena faktor fisik yang kelelahan, kata Teddy, mendiang istrinya memiliki penyakit bawaan seperti sinus, sesak nafas, dan asma. “Jadi, terkena virus COVID ini cukup berat buat beliau,” kata Teddy.

Bapak dua anak itu mengaku tidak tahu kapan dan di mana persisnya Rina Gunawan terpapar virus corona. Pun dengan kondisi terakhir Rina saat meninggal – apakah masih positif atau tidak.

Teddy hanya bisa berkomunikasi melalui panggilan video dengan istrinya itu selama perawatan. “Saya enggak mau berspekulasi karena pihak kedokteran yang bisa menjawab. Per hari ini, minggu kedua, sudah intensif, menjalankan isolasi mandiri, satu minggu lamanya dan dibawa ke ICU, awalnya di RS Bintaro lalu ke RSP (RS Pertamina) Simprug,” jelas Teddy.

“Kondisinya tetap stabil beberapa hari itu. Tapi mungkin karena lelah karena harus bernapas sendiri, tim dokter akhirnya memberikan ventilator dan obatan lain,” imbuhnya.

Teddy mengungkapkan keluhan yang sempat disampaikan mendiang istrinya. “Keluhannya kecapekan, intinya beliau kecapekan,” ucapnya.

Suasana pemakaman Rina Gunawan. Foto: rri.co.id

“Forsir kerjaan, mengurusi jasa, dan intensitas kerjanya terlalu tinggi. Jadi istirahat sulit, dan ada pekerjaan yang harus dikerjakan dalam waktu dekat ini,” kata dia.

Menurut Teddy, dari awal masuk rumah sakit, mendiang sudah diisolasi di ICU. Ia bahkan tidak bisa bertemu langsung dengan sang istri. “Kami tetap berkomunikasi awalnya, sampai pemasangan ventilator selama tiga hari belakangan,” bebernya.

Jenazah Almarhum Rina Gunawan, telah dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (3/3/2021) pagi, sekitar pukul 09.00 WIB.

Rina dimakamkan sesuai protokol kesehatan covid-19,  para penggali kubur menggunakan APD lengkap. Hanya beberapa kerabat datang menghadiri pemakaman dan tidak terlihat karangan bunga di sekitar makam.

Awak media juga punya keterbatasan dalam mengambil gambar karena protokol yang wajib dijalankan. Almarhum Rina dimakamakan di Blad 200 blok AA II.

Sementara itu, suami Rina, Teddy Syah juga turut mengucapkan kalimat terakhirnya untuk mendiang sang istri. “Saya cuma menyatakan sebagai seorang suami saya ikhlas saya ridho demi Allah,” ujar Teddy. [ind]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *