AS Tolak Bantu Israel Balas Serangan Iran, Presiden Biden Khawatir Perang Regional Meletus

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Sabtu (13/4/2024) waktu Washington, mengatakan kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bahwa AS akan menolak dan tidak akan membantu Israel dalam serangan balasan terhadap Iran, kata seorang seorang pejabat senior AS. 

Biden dan penasihat seniornya sangat khawatir bahwa respons Israel atas serangan balasan Iran akan menyebabkan perang regional dengan konsekuensi yang sangat buruk, kata pejabat AS tersebut. 

Muat Lebih

Iran meluncurkan serangan drone dan misil terhadap Israel pada Sabtu malam waktu setempat sebagai balasan atas serangan udara Israel terhadap Kedutaan Besar Iran di Suriah yang menewaskan seorang jenderal terkemuka Iran pada 1 April 2024. 

“Lebih dari 200 drone, misil jelajah, dan misil balistik ditembakkan dari Iran,” kata juru bicara Angkatan Bersenjata Israel (IDF) Laksamana Muda Daniel Hagari. 

Sebagian besar dicegat di luar wilayah udara Israel, katanya. 

Seorang pejabat pertahanan AS sebelumnya mengatakan pasukan AS di wilayah tersebut menembak jatuh drone yang diluncurkan Iran ke wilayah Israel. 

Menurut seorang pejabat Gedung Putih, di balik layar, Biden memberi tahu Netanyahu bahwa upaya pertahanan bersama oleh Israel, AS, dan negara-negara lain di wilayah tersebut menyebabkan kegagalan serangan Iran. 

“Anda mendapatkan kemenangan. Ambil kemenangan itu,” kata Biden kepada Netanyahu, menurut pejabat AS tersebut. 

Pejabat tersebut mengatakan, saat Biden menegaskan kepada Netanyahu bahwa AS tidak akan berpartisipasi dalam operasi ofensif terhadap Iran dan tidak akan mendukung operasi semacam itu, Netanyahu mengatakan dia memahaminya. 

Seorang pejabat senior Israel mengatakan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin juga berbicara dengan rekan sejawatnya dari Israel, Yoav Gallant, pada Sabtu. 

Austin disebut meminta Israel agar memberi tahu AS sebelum melakukan respons terhadap Iran. Dia juga mengutuk serangan udara Iran ke Israel dan mendesak Teheran untuk meredakan situasi. 

“Kami mengutuk serangan sembrono dan belum pernah terjadi sebelumnya oleh Iran dan proksinya, dan kami menyerukan kepada Iran untuk segera menghentikan serangan lebih lanjut, termasuk dari pasukan proksinya, dan untuk meredakan ketegangan,” kata Austin dalam sebuah pernyataan. 

“Kami tidak mencari konflik dengan Iran, tetapi kami tidak akan ragu bertindak untuk melindungi pasukan kami dan mendukung pertahanan Israel.” 

Dia mengatakan pasukan AS telah mencegat puluhan misil dan drone yang diluncurkan dari Iran, Irak, Suriah, dan Yaman, yang menuju Israel. [Red]

Pos terkait


Deprecated: file_exists(): Passing null to parameter #1 ($filename) of type string is deprecated in /home/indr1778/public_html/bengkulu/wp-includes/comment-template.php on line 1616

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *