ASDP Bakal Buka Dua Rute Penyeberangan Antar Lintas Negara

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero) atau ASDP berencana akan mengoperasikan dua rute Penyeberangan Lintas Negara. Kedua rute tersebut yakni, Indonesia-Malaysia dan Indonesia-Timor Leste.

Direktur Utama PT ASDP (Persero), Ira Puspadewi mengatakan, pembukaan rute tersebut akan memudahkan silaturahmi masyarakat di kedua negara dan juga akan meningkatkan perdagangan Indonesia ke Timor Leste.

Muat Lebih

“Pembukaan rute antar negara ini bisa memudahkan kegiatan perdagangan, salah satunya di rute Maritaing-Dili. Serta membawa turis ke indonesia, terutama Nusa Tenggara Timur. Hal ini karena banyak masyarakat dari Timor Leste yang melakukan wisata rohani ke Nusa Tenggara Timur dan selama ini masyarakat dari Timor Leste menggunakan pesawat terbang untuk wisata itu,” ujarnya di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (06/02/2020).

Namun, lanjut Ira, masih ada sedikit kendala dari penerapan ini, seperti belum siapnya salah satu pelabuhan yang akan menjadi rute penyebrangan lintas negara ini.

“Kemarin ingin ada dua rute. Pertama Dumai-Malaka, dan Maritaing-Dili. Yang Dumai-Malaka, yang Malaka pelabuhannya belum siap. Kalau Maritaing-Dili, itu Maritaingnya belum siap,” ungkapnya.

Kendati demikian, Ira berharap rute penyeberangan lintas negara ini bisa segera beroperasi. Pasalnya, rute penyeberangan ke Indonesia-Timor Leste lantaran dari sisi perdagangan Indonesia unggul dalam ekspor.

“Dari sananya kita mendapatkan turis karena ada hubungan. Karena masih ada juga keluarganya.  Kedua ada ritual yang harus datang ke NTT.  Harapannya tahun ini harus sudah on,” imbuhnya.

Menurut Ira, apabila salah satu rute lintas negara ini dilakukan atau pecah telur. Maka akan muncul beberapa rute lintas negara lain, selain dua yang direncanakan tersebut. “Istilahnya begini kalau misalnya ini pecah telur satu, pasti semuanya mengikuti. Hal ini karena kita sudah belajar cara masuknya,” tukasnya. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *