Awal Mei Kemenristek Akan Produksi 200 Buah Ventilator Buatan Dalam Negeri

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/ Kepala BRIN Bambang PS Brodjonegoro mengatakan, sebanyak 200 ventilator buatan sejumlah perguruan tinggi dan swasta akan diproduksi pada awal Mei 2020.

“Jadi harapannya kita akan memproduksi awal sebanyak 200 ventilator pada awal Mei,” kata Bambang dalam video conference di Jakarta, Kamis (23/4/2020).

Muat Lebih

Bambang menjelaskan, diharapkan pada minggu ini uji kelayakan tahap akhir ventilator portabel oleh Badan Pengamanan Fasilitas Kesehatan Kemenkes RI (BFPK Kemkes) sudah rampung.

Hingga saat ini, ada empat ventilator portabel yang sedang diuji oleh BFPK Kemkes untuk diuji ketahanannya. Keempat ventilator itu dibuat masing-masing oleh Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI) , swasta dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Menurut Bambang, BPPT saat ini sudah mendapatkan dua mitra industri untuk membuat ventilator, dengan kemampuan produksi 100 ventilator dalam sepekan. Namun tetap masih menunggu uji kelayakan dari BFPK Kemkes.

Kemenristek/BRIN telah membentuk konsorsium Covid-19 yang tengah mengupayakan pembuatan alat rapid tes sebanyak 100.000 unit untuk mendeteksi penyebaran Covid-19. Konsorium juga tengah menyelesaikan pengembangan alat PCR (Polymerase Chain Reaction) yakni alat tes yang berbasis pada transmisi virus lokal Covid-19. (rma)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *