Banjir Bandang Terjang Kecamatan Ijen Akibat Hutan Yang Gundul

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Banjir bandang mengantam Dusun Pesanggrahan, Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, pada hari Rabu, 29 Januari 2020, kemarin. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menjadi penyebabnya. Kecamatan Ijen  sendiri terletak di kaki Gunung Ijen.

 “Lumpur dari hulu di Gunung Suket yang kemarin terbakar,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bondowoso Kukuh Triyatmoko, Rabu (29/1/2020).

Muat Lebih

Kukuh mengatakan, ini kali kedua terjadinya banjir bandang. Sebelumnya kata dia, Banjir badang terjadi pada Desember 2019, lalu. Lumpur-lumpur yang terbawa arus banjir bandang ini berasal dari lahan yang gundul akibat terbakar.

“Saya tidak tahu intensitas hujan deras berapa. Saya belum dapat informasi lebih lanjut,” kata Kukuh.

Kukuh menjelaskan banjir ini mulai melanda Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, sekitar pukul 13.00 WIB. BPBD Bondowoso mencatat 200 keluarga terdampak banjir.

Kemudian, pada pukul 17.50 WIB sudah surut dan cuaca sudah cerah. Banjir ini sendiri tak menimbulkan korban jiwa.
“Dua orang luka ringan, satu orang (lansia) di rawat di Puskesmas. Kondisi Membaik,” kata dia.

Selain akibat hujan deras, Kukuh menyebut ada faktor karhutla di wilayah hulu yang membuat banjir bandang itu terjadi.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *