Batam Primadona Wisatawan Mancanegara, Tercatat 112,687 Turis ke Batam selama Februari 2024 

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Kota Batam menjadi salah satu lokasi destinasi pariwisata yang cukup populer di kalangan wisatawan mancanegara (Wisman). Setidaknya hal ini terlihat dari jumlah kunjungan Wisman di awal 2024 ini. 

Dengan kunjungan Wisman yang begitu masif, berdampak pada perekonomian Kota Batam. Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan jajaran juga terus melakukan perbaikan dan pengembangan destinasi baru untuk meningkatkan sektor pariwisatanya, mendukung investor yang terlibat dalam pariwisata. 

Muat Lebih

Berdasarkan data selama Februari 2024 ini, jumlah kunjungan wisman ke Batam mencapai 112.687 turis asing. Ini menjadi Batam menjadi penyumbang terbesarn kunjungan wisatawan ke Kepulauan Riau pada Februari 2024. 

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengungkapkan apresiasinya kepada semua pihak yang terus mendukung berbagai sektor di Batam, termasuk industri pariwisata. 

Menurutnya, dengan kolaborasi semua pemangku kepentingan, termasuk pelaku pariwisata, sektor pariwisata Batam terus berkembang. 

“Sektor pariwisata adalah salah satu sektor utama Batam dan menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi Batam,” kata Rudi, kemarin.  

Rudi mengungkapkan bahwa Batam terus melakukan perbaikan dan pengembangan destinasi baru untuk meningkatkan sektor pariwisatanya, mendukung investor yang terlibat dalam pariwisata. 

“Banyak restoran baru yang menjadi tujuan wisata di Batam. Saat ini, akses jalan semakin luas, dan beberapa rute internasional baru telah dibuka,” tandasnya.  

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, menambahkan bahwa menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam, jumlah wisatawan asing yang mengunjungi Batam pada Februari 2024 mencapai 112.687 kunjungan.  

Ini menandai peningkatan sebesar 43,08 persen dibandingkan bulan sebelumnya, di mana jumlah kunjungan wisatawan asing pada Januari 2024 sebanyak 78.759. 

“Sebagian besar wisatawan asing yang mengunjungi Batam pada Februari 2024 berasal dari Singapura, menyumbang 50,97 persen dari total jumlah wisatawan asing selama bulan tersebut,” katanya. 

Pada bulan Februari 2024, jumlah kunjungan wisatawan dari Singapura ke Batam mencapai 57.434. Sementara itu, kunjungan dari Malaysia mencapai 22.639, India 4.901, China 3.965, Filipina 2.269, Australia 751, Inggris 914, Amerika Serikat 860, Jepang 906, dan Jerman 321. 

“Dari 10 negara dengan jumlah wisatawan terbanyak yang mengunjungi Batam, wisatawan dari India mengalami peningkatan signifikan pada bulan Februari 2024 sebesar 121,46 persen dibandingkan bulan sebelumnya,” katanya. [Red]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *