Beredar Meme Pasangan Capres Cawapres 2024 Ganjar Risma, Ini Kata Pengamat

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Meski Pemilihan Presiden masih cukup lama, terbilang tiga tahunan lagi, namun keriuhan pesta sudah mulai terasa. Sejumlah nama sudah mulai dimunculkan sebagai upaya tes ombak reaksi masyarakat terkait nama tersebut.

Paling teranyar, publik dihebohkan dengan munculnya gambar yang memasangkan nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan Mantan Walikota Surabaya yang kini tengah moncer sebagai Menteri Sosial, Tri Rismaharani.

Muat Lebih

Dua kader partai Banteng ini dinilai sebagai calon yang bakal berlaga sebagai Capres dan Cawapres 2024 mendatang. Hal ini seperti diungkapkan oleh Pengamat Politik dan Kebijakan Publik Fadli Gintara.

“Saya melihatnya kedua figur ini memang tengah jadi media darling sebab keduanya memang sedang punya arena yang menyita perhatian publik. Jadi sah-sah saja jika kemudian kemunculannya menjadi alternatif,” ungkap Fadli saat dihubungi Indopolitika.com, Selasa (20/04).

Lebih lanjut, Fadli juga memaparkan jika menilik hasil survei, Ganjar dan Risma bukanlah nama baru. Keduanya kerap kali muncul sebagai bursa calon yang selalu menjadi pilihan dalam setiap gelaran survei.

“Sejauh ini, nama Ganjar Pranowo dan Tri Rismaharini memang sering masuk radar sejumlah survei sebagai capres maupun cawapres potensial. Misalnya yang terbaru dari Kedai Kopi, nama Ganjar di posisi teratas diantara Kepala Daerah lain. Ganjar Pranowo (16 persen), Ridwan Kamil (13,3 persen), dan Anies Baswedan (12,5 persen),” tambahnya.

Kemudian versi Lembaga Indonesia Political Opinion (IPO) Anies meraih 15,8% suara dan disusul oleh Ganjar Pranowo dengan raihan 12,6% suara.Salahudin Uno meraih posisi ketiga dengan raihan suara 9,5%.

Versi SMRC hasilnya, Jokowi 15,2 persen, Prabowo 13,4 persen, Ganjar Pranowo 6,1 persen. Tiga teratas dari Survei Charta Politica yaitu Prabowo Subianto 19,6 persen, Ganjar Pranowo 16,0 persen, Anies Baswedan 12,6 persen

“Ini menunjukkan figur ganjar selalu menjadi 3 teratas dari setiap survei yang digelar. Artinya saya kira ganjar sangat potensial dan wajar jika maju sebagai capres,” kata Fadli.

Terkait figur wakil yang sama-sama dari partai yang sama, menurut Fadli tidak ada masalah selama publik menghendaki. Apalagi menurut lulusan UGM tersebut, politik 2024 masih sangat dinamis.

“Tinggal kita lihat apakah mungkin Megawati mau mencalonkan kedua figur ini sebagai Capres, kan itu persoalannya. Sementara disisi lain, PDIP juga punya putri mahkota yaitu Puan Maharani,” imbuhnya.

Namun sebagai catatan penting, Fadli mengatakan bahwa secara kalkulasi politik kedua figur ini akan mendapat sambutan publik yang positif jika berpasangan. Sebab keduanya telah cukup lama dan dikenal sebagai pemimpin daerah yang berhasil melakukan perubahan yang signifikan di daerahnya masing-masing.

“Singkatnya diantara sejumlah bursa calon, Pasangan Ganjar-Risma sangat patut dihitung sebagai kandidat dengan calon yang kaya akan prestasi dan terobosan. Model pemimpin yang kini tengah di gandrungi oleh masyarakat Indonesia,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *