Berulang Kali Ditemukan Sel Koruptor Lebih Mewah, ICW Desak Presiden Copot Menteri Yasonna

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Kurnia Ramadhana mendesak Presiden Jokowi untuk mencopot Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly, karena gagal dalam melakukan pengawasan Lembaga Pemasyarakatan (LP).

Kurnia menyoroti hasil temuan Ombudsman terkait Lembaga Pemasyarakatan yang masih memberi sel mewah bagi narapidana tindak pidana korupsi.

Muat Lebih

Menurut Kurnia kejadian ini bukan pertama kali terjadi, sehingga bentuk tindakan yang paling tegas adalah pencopotan pejabat tertinggi di bidang tersebut dalam hal ini Menkumham.

“Lebih baik yang bersangkutan (Menkumham Yasonna H Laoly) diganti saja karena gagal menjaga benteng akhir sistem peradilan pidana, yaitu memaksimalkan pengawasan warga binaan lembaga Sukamiskin. Apalagi yang terakhir justru sel orang yang sering berulah, Setnov (Setya Novanto),” kata Kurnia Ramadhana di kantor ICW, Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (29/12/2019).

Untuk diketahui, dalam sidak Ombudsman di Lapas Sukamiskin ditemukan penampakan kamar tiga terpidana korupsi Setnov, Nazarudin, dan Joko Susilo sangat berbeda dengan kamar terpidana lainnya. Di mana rata-rata kamar lapas sukamiskin 3×4 meter, namun, ketiga kamar terpidana korupsi itu justru lebih luas.

Temuan terebut bukan pertama kalinya, dimana tahun 2018 silam Ombudsman turut melakukan sidak. Mantan Ketua Umum Golkar tersebut, kamarnya lebih luas dengan fasilitas kamar mandi yang berkloset duduk hingga shower.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *