BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat Jabotabek 23-24 Februari Mendatang

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan seluruh wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya masih berpotensi hujan dengan intensitas lebat hingga sepekan ke depan, hingga Kamis (25/2/2021).

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengimbau warga untuk tetap waspada terhadap potensi banjir yang dapat terjadi. Pasalnya, berdasarkan prediksi BMKG hari ini, Sabtu (20/2/2021) masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat hampir di seluruh wilayah DKI Jakarta. Hujan lebat diperkirakan terjadi terutama pada malam hari, yang dapat menerus hingga dini hari dan esok hari menjelang pagi.

Muat Lebih

“Kita waspada hari ini, kemudian waspada berikutnya tanggal 23 dan 24,” ucap Dwikorita dalam konferensi pers, Sabtu (20/2/2021).

Ia menyebut jika hujan dengan intensitas tinggi diperkirakan akan mengguyur wilayah Jabodetabek secara merata.Dwikorita mengungkapkan bahwa untuk periode sepekan ke depan, wilayah Jabodetabek bakal berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

“Namun tangal 21 Februari, intensitas hujan menjadi rendah. Energinya sudah terlepas untuk hari ini,” katanya.

Namun, ia mneyebut jika intensitas hujan yang ringan juga masih akan terlihat pada tanggal 22 Februari.

“Tapi (tanggal 22 Februari, red) di bagian Selatan (Jabodetabek) mulai terbentuk peningkatan intensitas hujan meski dalam kondisi ringan,” imbuhnya.

Sementara, Kepala pusat meteorologi publik BMKG Fachri Radjab mengungkapkan jika hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan turun pada tanggal 23 Februari 2021.

“Tanggal 23 itu intensitas hujan 24 jam, intensitas sedang hingga lebat. Perlu menjadi kewaspadaan kita, ada potensi banjir,” ucapnya di kesempatan yang sama.

Namun, ia menyampaikan bahwa hujan pada tanggal 23 Februari 2021 tidak akan separah dan selebat hujan yang jatuh pada sejak Jumat (19/2/2021) hingga Sabtu (20/2/2021).

“Kalau dari jumlah curah hujan lebat bahkan sangat lebat, tapi tidak selebat yang terjadi selama 24 jam terakhir,” pungkasnya. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *