BNPB: Tiga Korban Longsor Kabupaten Garut Ditemukan Meninggal Dunia  

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Longsor yang terjadi di Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Kamis (25/4) malam waktu setempat, tidak hanya berdampak rusaknya beberapa bangungan rumah maupun fasilitas peribadahan rusak berat. 

Longsor tersebut juga mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. Setidaknya ada korban meninggal dunia ditemukan tim gabungan yang dilaporkan tertimbun material longsor pada Kamis. 

Muat Lebih

Menurut informasi dari BNBP, ketiga korban tersebut ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, pada Jumat (26/4/2024). 

Pusdalops BNPB melaporkan pada Jumat (26/4) pukul 14.32 WIB, peristiwa itu terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi melanda dengan durasi cukup lama pada wilayah Desa Talagajaya Kecamatan Banjarwangi.  

Longor tersebut juga berdampak pada beberapa bangungan antara Satu unit rumah alami rusak berat dan satu unit fasilitas peribadahan rusak berat.  

“Sementara itu dua unit kendaraan roda empat dan tiga unit kendaraan roda dua turut tertimbun material longsor,” ucap Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dikutip dari keterangan tertulisnya, Sabtu (27/4/2024). 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut dan tim gabungan masih berada di lokasi untuk melakukan penanganan dan melakukan pembersihan material longsor. 

BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat khususnya bagi yang berada di wilayah rawan bencana longsor, agar meningkatkan kesiapsiagaan di masa musim penghujan.  

Antara lain dengan menanam tanaman yang berakar mengikat tanah seperti Vetiver, pohon Alpukat, dan pohon Sukun. Selain itu agar memantau prakiraan cuaca di wilayahnya masing-masing agar dapat mempersiapkan diri jika mengharuskan untuk mengungsi ke tempat lebih aman. [Red]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *