Buntut Kecelakaan Maut KM 58, Polri Imbau Pemudik Gunakan Travel Resmi

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengimbau masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan balik Lebaran 2024 memilih menggunakan layanan travel resmi.

Hal tersebut disampaikan langsung Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan buntut kecelakaan maut yang terjadi saat contraflow di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek.

Muat Lebih

“Kalau menaiki angkutan umum, Pastikan angkutan umum yang resmi, ya. Biar terjamin kendarannya sehat dan sebagainya,” ujarnya kepada wartawan dikutip, Sabtu (13/4).

Aan juga meminta kepada pihak penyedia jasa angkutan umum seperti bus maupun travel agar menyiapkan sopir pengganti. Sehingga pengemudi bisa bergantian dan tidak kelelahan saat berkendara jarak jauh selama arus balik Lebaran 2024.

“Ini teman-teman para pengusaha bus, travel, harus ada sopir cadangan sehingga keselamatan ini bisa tetap kita jamin ya,” tuturnya.

Aan mengingatkan para sopir bus maupun travel berkerja secara bergantian maksimal setiap delapan jam. Selain itu, kata dia, seluruh pengemudi baik umum maupun pribadi juga tidak boleh menyetir lebih dari empat jam.

Ia meminta kepada seluruh pengendara istirahat setelah empat jam berkendara minimal 30 menit. Sehingga diharapkan kondisi kembali prima dan menekan resiko kecelakaan.

“Belajar dari beberapa kejadian yang kemarin, di KM 58 ataupun di KM 370, ini semuanya karena kelelahan. Ini sangat fatal akibatnya kalau kita sudah lelah tetap memaksa untuk berkendara,” ucap dia.(red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *