Cak Imin Beri Sinyal Dukung Benyamin-Pilar, Airin, Fitron-Diana di Pilkada 2024?

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin mengumpulkan dan memberikan arahan kepada bakal calon daerah yang akan diusung pada Pilkada serentak 2024.  

Dari sederet nama tersebut, termasuk juga pasangan petahana Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan yang sebelumnya sudah mendaftar di DPC PKB Tangsel.  

Muat Lebih

Dari foto yang beredar, selain Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan, nampak juga calon Gubernur Banten Airin Rachmi Diany hingga pasangan calon bupati-wakil bupati Pandeglang Fitron Nur Ikhasan-Diana Jayabaya.  

Menurut Benyamin Davnie, pertemuan berlangsung dalam acara silaturahmi Taaruf Gus Muhaimin dengan bakal calon kepala daerah (Bacakada) yang diselenggarakan DPP PKB di Grand Sahid Jakarta, Kamis, 2 Mei 2024. 

Pertemuan itu dilakukan setelah sehari sebelumnya, Rabu (1/5), Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan resmi menjadi satu-satunya pasangan yang mengembalikan formulir penjaringan Pilkada di DPC PKB Tangsel. 

Pria berusia 65 tahun tersebut mengatakan, tidak hanya dirinya yang diundang untuk menghadiri acara itu, melainkan juga terdapat bakal calon kepala daerah dari wilayah Banten, Jakarta, bahkan Jawa Barat yang rencananya akan diusung oleh PKB dalam kontestasi Pilkada 2024 mendatang. 

“Diberikan pengarahan oleh ketua umum DPP PKB sampai pukul 15.00 WIB sore. Kami berdua memang diundang untuk menghadiri itu,” kata Benyamin di kantor DPC Partai Demokrat Tangsel, Kamis malam, 2 Mei 2023. 

Dalam pengarahan tersebut, DPP PKB turut mengingatkan agar bakal calon kepala daerah tidak melupakan beberapa isu strategis dalam perencanaan pembangunan kota jika kelak terpilih memimpin suatu wilayah. 

Usai pertemuan tersebut, Wali Kota Tangerang Selatan sendiri mengaku optimis akan mendapatkan dukungan penuh dari PKB untuk bertarung di Pilkada. 

“Kalau untuk Tangsel khususnya ya, saya optimis, sangat optimis, saya diusung juga oleh PKB,” ujarnya. 

Dengan kemungkinan adanya dukungan itu Ia yakin koalisi antara PKB dan Partai Golkar akan terbentuk di kontestasi lima tahunan nanti. 

“Iya nanti akan berkolosi dengan saya bareng-bareng dengan Golkar tentunya,” pungkas Benyamin. 

Ratusan calon mendaftar di PKB  

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengklaim bahwa sudah ada ratusan orang yang mendaftarkan diri untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 melalui partainya. 

“Banyak sekali yang sudah daftar, tapi belum bisa diumumkan. Nanti tanggal sekitar tanggal 3 (dibuka). Nasional sudah ratusan, sudah 300-an,” kata Cak Imin. 

Nantinya, orang-orang yang sudah mendaftar ini akan diundang PKB selanjutnya akan melaksanaan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan. Adapun fit and proper test di beberapa daerah sudah dimulai hari ini. 

“Sebagian per zona. Jakarta ini, Jawa Barat, Banten, tanggal 1 kayanya,” ujarnya. 

Selain itu, mantan Calon Wakil Presiden (Cawapres) 2024 ini menegaskan, siapapun boleh mendaftarkan diri ke partainya untuk ikut kontestasi Pilkada Serentak 2024, termasuk yang berseberangan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) lalu. 

“Siapapun yang daftar, kita enggak boleh diskriminasi. Bahkan lawan politik pun boleh. Tidak tandingan, kalau Bu Khofifah daftar gimana? Kalau Bu Khofifah daftar,” tutup Cak Imin. [Red]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *