Cegah Virus Corona, Mendag Stop Impor Makanan dan Minuman Asal Cina

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengatakan, Indonesia akan menghentikan sementara impor bahan pangan, produk makanan, dan minuman dari Cina. Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran virus corona ke Indonesia.

“Untuk impor khususnya makanan dan minuman kita akan stop dulu sementara. Ini akan ditangani dan diawasi, karena ini dikonsumsi langsungoleh kita semua dan ini  harus ditangani secara khusus berkaitan dengan impor,” ujar Agus di Gedung BPK, Jakarta, Senin (03/02/2020).

Muat Lebih

Menurut Agus, dengan penghentian impor sementara ini, tidak akan berdampak pada stok produk makanan, dan minuman. Bahkan dirinya yakin ada alternatif lainnya untuk mengatasi penyetopan impor tersebut.

“Kalau memang bahan itu tetap dibutuhkan dan ada kekosongan di Indonesia otomatis kita mencari penggantinya dari negara lain dan saya rasa ada. Pasti ada. Hanya volumenya itu mungkin dulu fokusnya ke negara Tiongkok sekarang kita harus beralih ke negara yang lain. Karena itu tidak ada pilihan lain,” ucapnya.

Agus memastikan penghentian tersebut tidak akan mengganggu aktivitas dagang antara Cina dan Indonesia. Sebab, lanjut dia, kebijakan tersebut tidak hanya akan ditempuh oleh Indonesia belaka melainkan banyak negara.

“Saya rasa ini juga untuk kebaikan bersama. Penduduk kita kan banyak, 260 juta, jadi harus kita amankan dan itu prioritas,” imbuhnya.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *