Dampak Banjir NTT, Sambungan Telepon dan Internet Terputus

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Banjir bandang menerjang Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak Minggu (4/4) kemarin. Dampaknya, infrastruktur telekomunikasi, mulai dari telepon hingga internet di daerah terdampak, putus.

Hal itu disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate saat ditemui di sentra Vakasinasi Indonesia Bangkit, Depok, Senin (5/4/2021).

Muat Lebih

Listrik yang biasanya menjadi sumber utama menghidupkan Base Transceiver Station (BTS) dalam memancarkan akses telekomunikasi, harus mati gegara banjir yang menerjang.

“Dari hasil monitoring itu infrastruktur telekomunikasi terdampak karena memang power supply ini diterjang banjir,” ujar Johnny.

Saat ini, seperti disampaikan Menkominfo, pemerintah beserta operator seluler berupaya untuk menghidupkan kembali akses telekomunikasi yang terputus di Kabupaten Flores Timur, NTT, tersebut, salah satunya dengan mengirimkan genset.

“Langkah pertama, yaitu standby genset di sana untuk menghidupkan kembali infrastruktur telekomunikasi agar internet beroperasi, agar pelayanan di sana bisa berfungsi kembali,” ucapnya.

“BTS yang dibangun Bakti Kominfo juga terdampak, itu segera ditangani. BTS yang dibangun operator seluler juga saya yakin sedang melakukan koordinasi untuk menghidupkan kembali infrastruktur tersebut agar layanan telekomunikasi bisa normal lagi,” tuturnya.

Berdasarkan informasi yang diterima, Johnny mengatakan Menteri BUMN Erick Thohir beserta jajaran PLN berkoordinasi agar ketersediaan listrik di daerah bencana bisa tersedia lagi.

Berdasarkan data PLN, berikut daftar Kabupaten/Kota yang terjadi pemadaman listrik imbas banjir bandang di NTT per Minggu malam:

1. Kabupaten Sumba Timur
Desa Kampung Raja, Kambaniru, Mauliru, Palindi, Kawangu, Harau, Watumbaka, Laipori, Kadumbul, Patawang, Melolo, Rende, Kamalawatar, Mangili, Waijelu, Aibara, Lambanapu, Malumbi, Kiritana, Prailiu, Kambaniru.

2. Kabupaten Flores Timur
Kecamatan Ileboleng, Kecamatan Kelubagolit, Kecamatan Wotanulumado, Kecamatan Adonara Barat, Kecamatan Adonara Tengah, Kecamatan Adonara.

3. Kabupaten Malaka
Kecamatan Besikama, Kecamatan Biudukfoho.

4. Kabupaten Kupang

5. Kota Kupang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *