Eit! Ribuan Ikan Berbentuk Kelamin Pria Terdampar di Pantai

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Warga California, Amerika Serikat dihebohkan dengan banyaknya ikan berbentuk mirip alat kelamin pria terdampar di sepanjang pantai Drake, di Baby Area California. Ribuan ekor ikan yang bentuknya mirip Mr P terdampar setelah badai yang menghantam kawasan tersebut pada (11/12/2019).

Biota laut bernama latin Urechis caupo atau yang sering disebut ‘ikan penis’ karena bentuknya mirip alat kelamin pria, viral di media sosial. Objek yang nampak seperti alat kelamin pria berwarna merah muda dan berdenyut itu sejatinya adalah sejenis cacing.

Muat Lebih

Menurut ahli biologi, cacing-cacing laut tersebut berhabitat di bawah dasar laut, dengan berlindung di pasir atau lumpur.

“Bentuk tubuhnya memang sempurna bagi kehidupan yang dihabiskan di bawah tanah,” tulis Ivan Parr, di situs Bay Nature.

Di dalam ‘rumahnya’ cacing ini akan membuat galian menyerupai terowongan berbentuk U.

“Ketika air pasang masuk, cacing akan meluncur ke terowongan itu. Saat menggali liangnya lebih dalam, ikan penis juga akan mengeluarkan jaringan lendir lengket,” jelas Parr.

Jaringan lendir itulah yang digunakannya untuk menjebak hewan-hewan kecil seperti plankton, bakteri dan hewan kecil lainnya untuk dimakan.

Cacing ‘penis’ yang memenuhi pantai California ini sendiri telah viral di media sosial, dan mendapat beragam reaksi dari para pengguna. Tak sedikit yang mengaitkannya dengan pertanda munculnya bencana, mengingat habitatnya di dasar laut.

Ikan penis bisa hidup cukup lama hingga mencapai 25 tahun. Ikan penis tercatat ada di fosil yang berusia 300 tahun. Ikan penis menjadi buruan bagi berang-berang, hiu, ikan pari, hingga burung camar [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *