Evakuasi WNI dari Wuhan China, Pemerintah Indonesia Siapkan Fasilitas Karantina

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Kementerian Luar Negeri mengatakan kalau evakuasi terhadap warga negara Indonesia terlaksana dari China, maka pemerintah menyiapkan antisipasi dengan karantina. Hal itu dilakukan sebagaimana standar operasional prosedur terhadap pencegahan wabah virus corona.

Sebelumnya diketahui, pemerintah Indonesia sendiri telah membuka opsi evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) pulang dari Provinsi Hubei, Kota Wuhan tempat virus corona berasal.

Muat Lebih

“Untuk standar kesehatan 14 hari di karantina,” kata Plt Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah saat diskusi Forum Merdeka Barat di Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Faizasyah menyampaikan, sebanyak 243 WNI direncanakan pulang ke Tanah Air dalam waktu dekat. Setidaknya, kata dia, saat ini kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia tengah mendata warga yang juga dibantu oleh para mahasiswa. “Saat ini pemutakhiran data memerlukan waktu agar tidak ada WNI yang tertinggal,” ujarnya.

Untuk kepulangan, lanjut Faizasyah, pesawat militer bantuan dari TNI sudah bersiap mengangkut warga baik yang berada di wilayah Hubei. Pihaknya juga membuka kemungkinan bagi maskapai swasta membantu kepulangan warga Indonesia. “Tetapi (nanti) akan ditempatkan terlebih dulu di sana (Wuhan),” kata dia.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *