Faktor Kinerja Pemerintah, Ekonomi Indonesia Diprediksi Masih Melambat 2020

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Kepala Pusat Penelitian  Ekonomi LIPI, Agus Eko Nugroho memprediksi ekonomi Indonesia di tahun 2020 masih melambat. Setidaknya berdasarkan rumusan LIPI, setidaknya enam poin penting tendensi pelemahan ekonomi 2020 mendatang.

“Salah satu  faktor yang menghambat ekonomi Indonesia ke depan adalah terjadi perang dagang Amerika dan Tiongok dan belum ada tanda-tanda pemecahannya,” jelasnya menukil keterangan Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI.

Muat Lebih

Agus menyebutkan, tren perlambatan sudah dirasakan sejak tahun 2010 dan terus berjalan hingga di triwulan terakhir Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2014-2019 .

“ Ketidakpastian dan perubahan lanskap ekonomi global memerlukan kehadiran policy di era transformasi menuju digital. Sejauh ini, kinerja pemerintah masih menjadi penopang utama pertumbuhan ekonomi,” terang Agus.

Tendensi Pelemahan Ekonomi 2020

Pusat Penelitian Ekonomi LIPI telah merumuskan enam poin penting tendensi pelemahan ekonomi 2020, yaitu ketidakpastian dan perubahan lansekap ekonomi, dampak pembangunan infrastruktur hanya bersifat langsung.

Selain itu, penurunan kualitas konsumsi telah terjadi bersamaan dengan rendahnya kualitas investasi, stagnasi kontributor utama pertumbuhan sektoral seperti manufaktur dan perdagangan, kinerja pemerintah, serta depresiasi nilai tukar yang belum tampak menolong daya saing produk di tingkat global.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *