Gerindra Umum 2 Nama Pendamping Anies, PKS Pasrah

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Ada yang janggal saat Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad membacakan dua nama kandidat Wagub DKI Jakarta di Ruang Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta, Senin siang (20/1/2020).

Dalam ruangan tersebut tak terlihat seorang pun petinggi PKS yang hadir. Termasuk anggota Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta.

Muat Lebih

Dasco mengumumkan bahwa dua kandidat Wagub yang disepakati dua parpol pengusung Anies Baswedan-Sandiaga Uno adalah Ahmad Riza Patria asal Gerindra dan Nurmansjah Lubis asal PKS.

Kesepakatan itu sudah ditandatangani Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Presiden PKS Sohibul Iman, serta Ketua DPD Gerindra DKI Mohamad Taufik dan Ketua DPW PKS DKI Shakir Purnomo.

Soal ketidakhadiran perwakilan PKS, Sakhir Purnomo mengatakan, Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Mohammad Arifin dan Wakil Ketua DPRD dari PKS Abdurrahman Suhaimi sedang menjalankan ibadah umrah.

“Saya wakili pimpinan sampaikan usulan agar rencana konferensi pers untuk sampaikan pengumuman nama calon wakil gubernur kepada teman media ditunda dulu. Karena saya hari ini, juga tidak bisa hadir,” kata Sakhir saat dihubungi wartawan, Senin (20/1/2020).

Meski sedikit menyayangkan sikap Gerindra yang terkesan terburu-buru, namun Sakhir mengaku pasrah karena sudah terlanjur diumumkan.

“Kalau begini kan akhirnya udah terjadi ya, menurut saya disayangkan. Jadi kesannya itu PKS dan Gerindra nggak kompak. Jadi muncul dugaan-dugaan yang lain,” ujar Sakhir.

Sakhir mengungkapkan, melihat kebuntuan dalam proses pemilihan Cawagub akhirnya pihaknya menyetujui win-win Solution dengan mengusulkan nama baru dan mencoret nama sebelumnya, yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto.

Hal yang sama juga diungkapkan Penasehat Fraksi PKS DPRD DKI,  Ahmad Yani. Ia merasa heran dan mengaku PKS dan Gerindra belum sepakat alias belum bertemu untuk membahas soal itu. 

“Kita belum ada pertemuan dengan Gerindra untuk pengisian wagub ini. Memang, persoalan wagub ini sudah ditunggu masyarakat Jakarta,” ujar Yani saat ditemui di gedung DPRD, Jakarta Pusat, Senin (20/1/2020).

Menurut Yani, PKS sudah menyiapkan nama cawagub yang di dapat dari kader terbaik partai. Sedangkan pembahasan lebih lanjut bersama Gerindra pihaknya mengaku belum pernah terjadi. 

“Memang salah satu dari cawagub PKS ada yang menjadi anggota legislatif. Namun demikian kami sudah siapkan kader terbaik. Insyaallah bisa memahami masalah Jakarta seutuhnya,” katanya.  

“Namun demikian, saya pastikan pengumuman itu akan dilakukan secepatnya setelah Gerindra dan PKS melakukan pertemuan,” pungkasnya.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *