Gubernur HD Sosialisasikan Rencana Pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat ke Masyarakat Banyuasin

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Gubernur Sumsel H Herman Deru melakukan silaturahmi bersama tokoh masyarakat Desa Muara Sungsang Kec Banyuasin II Kab Banyuasin usai meninjau Rencana Lokasi Pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat tepatnya di Kediaman H Marzuki, Desa Muara Sungsang, Parit  5 Kec Banyuasin II Kab Banyuasin, kemarin.

HD mengatakan garis pantai 170 km di Sumsel yang paling potensial dibangun yaitu pelabuhan Tanjung Carat. Dimana dipelabuhan ini juga dibangun dermaga barang.

Muat Lebih

“Kita berupaya dengan konsentrasi untuk menjadikan wilayah ini sebagai wilayah yang tadinya tidak termanfaat dari segi garis pantainya jadi bermanfaat bukan hanya masyarakat sekitar tapi seluruh masyarakat Sumsel,” ujarnya

Pelaksanaan pekerjaan ini membutuhkan waktu dan pendanaan yang banyak. Yang prosesnya juga tentu memiliki berbagai hambatan. Menurutnya setiap permasalahan yang dihadapi dapat diselesaikan secara informal asal siap secara administrasi dan fisik.

“Pembangunan dilakukan berdasarkan RPJMD, yang ditujukan untuk memajukan Sumsel dengan berkeadilan yang merata. Selain itu, pembangunan pelabuhan juga didukung oleh Pemerintah Pusat,” katanya.

Menurut HD, jika ini menjadi kawasan pelabuhan internasional, masyarakat sekitar sini mesti dapat membawa manfaat dengan timbal balik yaitu pelayanan dari keramah tamahan.

“Jika ini jadi kawasan pelabuhan internasional maka akan ada aktivitas keluar masuk barang dan orang menjadi aktivitas yang tinggi. Masyarakat juga diminta turut menjaga alat dan fasilitas yang ada,” katanya

Menurut HD, hal tersebut menjadi tanggung jawab moril para tokoh masyarakat untuk mengambil peran untuk mengingatkan masyarakat untuk mendukung proses pembangunan yang akan dilakukan.

Selain itu HD juga mengedukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan bagi generasi penerus sebagai penunjang SDM bagi operasional Tanjung Api-Api kedepannya. Saya ingin akan ada penyerapan tenaga kerja yang optimal minimal dimulai dari masyarakat sekitar sini.

Tokoh masyarakat Desa Muara Sungsang, H Marzuki mengapresiasi dan sangat menyambut kedatangan Gubernur Herman Deru yang baru pertama kali berkunjung dan bertatap muka langsung bersama tokoh masyatakat dan juga masyarakat Desa Muara Sungsang

“Selamat datang Desa Muara Sungsang, saya mewakili masyarakat Desa Muara Sungsang  bersyukurnya atas suksesnya Tanjung Api-Api. Atas kesuksesan Pelabuhan Tanjung Api-Api, kami berharap bahwa masyarakat juga ingin menikmati kesuksesan tersebut,” tuturnya

Oleh sebab itu, selanjutnya, masuarakat Desa Muara Sungsang akan mendukung apapun giat pemerintah dengan sepenuhnya. Namun seiring dengan hal tersebut kedepannya pemerintah juga memperhatikan kesejahteraan masyarakat sekitar Tanjung Api Api khususnya di Desa Muara Sungsang.

Turut hadir Sekda Banyuasin, Dr. H. Muhammad Senen Har, S.IP., M.Si, Plt Asisten I Bidang Pemerintahan & Kesra Setda Prov. Sumsel, Drs. H. Edward Chandra, M.H., Plt. Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Provinsi Sumsel, Dr. Ekowati Retnaningsih, para Kepala OPD Prov Sumsel, dan FKPD Kab Banyuasin. [ind]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *