Gubernur Rohidin – Anies Baswedan Teken MoU Pemasaran Bencoolen Coffee

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM –Bencoolen Coffee? Brand kopi ini mungkin masih terdengar kurang familiar bagian sebagian orang. Namun di Bengkulu, brand kopi tersebut menjadi kebanggaan tersendiri. Pasalnya, Bencoolen Coffee tidak hanya bisa dinikmati di daerah tersebut, tetapi juga sudah mendunia.

Adalah Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang terus mengembangkan komoditas unggulan ini hingga mancanegara. Mulai dari branding, pemasaran hingga kerjasama dengan pihak-pihak lain.

Muat Lebih

Bahkan baru-baru ini, Pemprov DKI Jakarta sudah sepakat menjalin kerjasama dengan Pemprov Bengkulu untuk pemasaran Bencoolen Coffee di Jakarta. Kerjasama ditandai dengan penandatangan MoU di Bengkulu, beberapa waktu lalu.

Menurut Rohidin Mersyah, Bengkulu sebagai provinsi ketiga penghasil kopi terbesar di Indonesia setelah Sumatera Selatan dan Lampung, dan termasuk “Segitiga Emas Robusta” di pulau Sumatera, keberadaanya harus selalu digaungkan agar terus dikenal masyarakat luas. “Bengkulu memiliki kopi yang punya citarasa khas yang berbeda dengan daerah lain,” bebernya.

Tanggapan Anies Baswedan

Sementara itu, Gubernur Jakarta Anies Baswedan yang setuju bekerjasama pengembangan kopi Bengkulu ini menegaskan, kualitas kopi Bengkulu tentu sangat bisa dibanggakan tidak hanya didalam negeri tetapi juga mancanegara.

“Kita bangun kerjasama agar kopi rakyat Bengkulu bisa sampai ke Jakarta, karena kopi ini saya rasakan memiliki kualitas yang bisa dibanggakan di skala nasional dan internasional. Jadi sudah saatnya jadi tuan rumah di ibu kota,” ungkap Anies.

Menurut Anies, Jakarta sebagai salah satu kota yang memiliki pasar kopi yang sangat besar dengan permintaan cukup tinggi, dapat menjadi wadah Kopi Bengkulu yang berkualitas baik, untuk dipasarkan. “Harapannya nanti kopi dari Bengkulu bisa dirasakan oleh warga Jakarta, dengan harga terjangkau, serta kualitas kelas atas,” pungkasnya.

Untuk informasi, di akhir tahun 2019 lalu, kopi Bengkulu berhasil memperoleh penghargaan di 3 kategori awards pada Kejuaraan Kopi Internasional AVPA (Agency for the Valorization of the Agricultural Products) di Perancis.

Bahkan presiden AVPA (Agency for the Valorization of the Agricultural Products), Philippe Juglar mengapresia langkah Gubernur Rohidin dalam mengembangkan komoditas kopi Bengkulu hingga mancanegara.

“Kita ucapkan terimakasih kepada Gubernur Bengkulu yang telah mendedikasikan kinerja, usaha, dan waktunya dalam mengembangkan kopi Bengkulu. Langkah yang dilakukan pak gubernur sampai saat ini sudah sangat tepat,” ungkap Phillipe.{asa}

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *