Hari Ini Puncak Arus Mudik Nataru, Tol Trans Jawa Diberlakukan Satu Arah

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Kepolisian memberlakukan system ane way atau satu arah di ruas Tol Cikampek menuju Trans Jawa pagi ini untuk mengurangi volume kepadatan kendaraan serta mengurai kemacetan,

Sistem satu arah tersebut mulai diberlakukan tepatnya mulai kilometer 70 Cikampek Utama hingga kilometer 414 Kalikangkung, diberlakukan sistem satu arah (one way) dari pukul 07.00 hingga 18.00 WIB Sabtu (21/12/2019).

Muat Lebih

“One way dari kilometer 70 Cikatama hingga kilometer 414 Kalikangkung. Semua personel, fasilitas untuk one way sudah dipersiapkan sampai ke Jawa Tengah,” kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono di Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek, Jawa Barat.

One way diberlakukan karena hari ini diperkirakan menjadi puncak arus mudik liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

“Hari ini puncak arus mudik Nataru. Besok sudah normal lagi (tidak berlaku one way),” katanya.

Dengan pemberlakuan one way, pihaknya mengimbau agar pengemudi bus menggunakan jalur A (jalur kiri) Tol Trans Jawa. Sementara pengemudi kendaraan golongan I menggunakan jalur B (jalur kanan).

Tempat istirahat atau rest area dibuka baik di jalur A maupun jalur B. Ia meyakini kemacetan tidak akan timbul karena hampir seluruh rest area dibuka.

“Titik-titik perlambatan itu di titik rest area yang favorit ya biasanya. Namun demikian seperti yang saya katakan tadi bisa tersebar jalur A dan Jalur B rest area yang bisa digunakan. Nanti paling juga antriannya lagi di gate-gate yang pemudik banyak mengarah ke arah sana,” ucap Istiono.

Istiono menyebut pihaknya menyiagakan 250 personel di jalur one way dari Cikampek Utama hingga Kalikangkung.

Sementara arus kendaraan dari Jawa Tengah yang menuju ke Jakarta diarahkan ke jalan arteri.

“Kami siapkan contraflow satu lajur untuk pertemuan arus kendaraan dari Cikampek keluar ke arteri,” katanya.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru mengatakan, Jadwal ini mundur dari yang sudah direncanakan sebelumnya, namun akses jalan tol ke arah Jakarta di lokasi pemberlakuan one way telah ditutup.

“Hingga saat ini petugas masih dalam persiapan, memastikan kendaraan arah Jakarta tidak ada yang terjebak dalam rekayasa lalin one way,” kata Heru di Jakarta, Sabtu (21/12/2019).

Selain itu, pihaknya juga mengimbau pengguna jalan arah Jakarta yang berasal dari Jalan Tol Batang-Semarang hingga Jalan Tol Cikopo-Palimanan mengantisipasi pemberlakuan one way ini, karena sejak diberlakukannya one way arah Cikampek tersebut, maka pengguna jalan arah Jakarta tidak dapat mengakses jalan tol hingga one way diakhiri.

Lebih lanjut, ia mengatakan, Pemberlakuan one way akan dilakukan dengan memastikan lajur sebaliknya (arah Jakarta) telah steril sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan ke Jakarta.

“Tetap hati-hati berkendara, perhatikan rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan. Pastikan kecukupan saldo uang elektronik dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman,” pungkasnya. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *