Hasil Survei LSI: 71,2 Persen Masyarakat Puas dengan Penyelenggaraan Pemilu 2024

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyebut sebanyak 71,2 persen masyarakat puas dengan penyelenggaraan Pemilu 2024.

“71,2 persen masyarakat menilai bahwa mereka puas dengan penyelenggaraan Pemilu 2024 yang lalu,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam rilis survei secara daring, Kamis (18/4).

Muat Lebih

Djayadi mengatakan angka itu menurun jika dibandingkan dengan hasil survei LSI sebelumnya.

Ia menjelaskan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan Pemilu 2024 mencapai 94 persen pada hari pencoblosan yaitu 14 Februari 2024. Kemudian turun menjadi 84 persen di akhir Februari 2024.

“Sebulan kemudian tingkat kepuasan terhadap penyelenggaraan pemilu turun menjadi 71,2 persen. Jadi ada kecenderungan penurunan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemilu,” ujarnya.

Djayadi menduga penurunan kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan Pemilu 2024 itu karena pesta demokrasi digelar sudah cukup lama dari survei yang dilakukan.

Dengan demikian, isu penyelenggaraan Pemilu 2024 bukan lagi menjadi pikiran utama masyarakat.

“Kedua, penurunan tingkat kepuasan itu mungkin terkait dengan expose dari segala hal terkait pemilu yang dibicarakan di MK,” ucapnya.

Survei LSI dilaksanakan pada 7-9 April 2024. Jumlah sampel sebanyak 1.213 responden.

Responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi dan screening. Survei ini memiliki margin of error +/- 2,9 persen.(red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *