Hastag 100 Hari Kinerja Menteri Desa Masuk Dalam Daftar Empat Besar Trading di Twitter

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Kinerja 100 hari kabinet Indonesia Maju bidang pembangunan desa meramaikan jagat twitter tanah air. Hastag #100HariKerjaMenteriDesa masuk dalam daftar empat besar trending topik di jagat twitter tanah air Jumat sore (31/1).

Sejak dilantik, Menteri Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Halim Iskandar membuat terobosan-terobosan penting. Dengan membawa visi presiden di bidang pembangunan desa, ada dua pendekatan yang dipakai politisi PKB itu. Yakni pendekatan berdasarkan masalah di desa dan replikasi desa percontohan. Dua pendekatan itu tertuang dalam kebijakan yang dia buat.

Muat Lebih

“Pembangunan desa yang bagaimana bertumpu pada masalah-masalah yang muncul di desa. Lalu kita buat kebijakan dengan harapan mampu menyelesaikan masalah karena kebijakannya berdasarkan masalah yang muncul di desa,” kata Menteri Halim dalam vidio yang diterima Indopolitika.com Jumat sore.

Pendekatan kedua adalah pendekatan replikasi. Desa-desa yang berhasil mengelola desa, memajukan desa, memanfaatkan dana desa ditularkan ke desa-desa sejenis. Model replikasi ini, kata dia, terbukti sudah banyak yang berhasil.

“Tentu dengan memperhatikan kearifan lokal masing-masing desa,” katanya. Menteri asal Jawa Timur itu juga memonitor secara langsung proses pembangunan yang menggunakan dana desa. Karena itu, tak jarang ia berkeliling dari satu desa ke desa yang lain untuk memantau penggunaan dan pemanfaatan dana desa.

Sementara, di bidang transmigrasi, dia mengatakan ada beberapa perubahan pendekatan. Kini, kata dia, Kementerian yang dia pimpin tidak hanya memfasilitasi calon transmigran. Tetapi menyiapkan daerah tujuannya dengan baik sebelum ditempati transmigran.

“Daerahnya kita siapkan betul secara matang. Infrastrukturnya bagus, lahannya disiapkan, fasilitas sosialnya lengkap baru kita umumkan ke masyarakat yang mau transmigrasi,” katanya.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *