Heboh Kerajaan Baru Lagi: Kesultanan Selacau di Tasikmalaya, Sultannya Ngaku Nggak Takut Kerajaannya Digarap Polisi

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Belakangan ini keraton dan kerajaaan abal-abal tumbuh bak jamur di musim hujan. Tak hanya di wilayah Jawa Tengah (Jateng) dengan Keraton Agung Sejagat dan Kasultanan Karaton Pajang.

Di Jawa Barat pun beragam kerajaan.  Baru-baru ini terungkap Sunda Empire di kawasan Bandung. Dan kini yang terbaru terungkap lagi Kesultanan Selacau di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Muat Lebih

Kesultanan Selacau didirikan oleh Rohidin (40 tahun) yang mengaku keturunan kesembilan dari Raja Pajajaran Surawisesa dengan gelar Sultan Patra Kusumah VIII. Kesultanan ini berdiri di Tasikmalaya, Jawa Barat. Lokasinya berada di Kampung Nagaratengah, Desa Cibungur, Kecamatan Parungponteng, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Ditanya tak khawatir nanti kerajaannya bakal dipersoalkan polisi, Rohidin mengaku tidak takut. “Yang bisa membuktikan kan orang-orang hukum,” kata Rohidin kepada wartawan Sabtu (18/1/2019).

Dia menjelaskan, Kesultanan Selacau sudah mendapat pengakuan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 2018. “Dari PBB keluar putusan warisan kultur budaya peninggalan Pajajaran,” katanya.

Rohidin mengatakan tidak pernah dipermasalahkan atas pencetusan Kesultanan Selacau. Dia menyatakan kesultanan ini sudah pernah berdiri pada 1548–1589. “Karena ada kudeta tahun 1527, keluarga kami ikut Surawisesa,” katanya.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *