Hore, Warga Miskin Jakarta Dapat Bantuan Rp 1 Juta per Bulan

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan memberikan bantuan sosial (bansos) sebesar Rp1 juta per bulan kepada warga miskin atau kuran mampu di tengah wabah Corona. Bansos diberikan selama dua bulan ke depan.

“Tim DKI dan Kementerian Sosial menyepakati memberikan dukungan Rp1 juta per keluarga untuk digunakan bersama-sama,” kata Anies dalam teleconference dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Jakarta, Kamis (2/3/2020).

Muat Lebih

Anies menyebut 3,7 juta orang dalam posisi miskin dan rentan miskin di Jakarta akan menerima bansos selama penanganan pandemi. Sekitar 1,1 juta orang terindentifikasi selama ini menerima bantuan langsung pemerintah. Sisanya, kelompok rentan miskin yang tidak dapat bantuan langsung.

“Sehingga total nilai (anggaran) Rp 4,576 triliun,” kata Anies.

Kelompok yang menerima bantuan karena pandemi ini terdiri dari pengemudi ojek, pedagang kecil, atau pedagang kaki lima. Mereka memiliki penghasilan, namun terganggu kontraksi atau kehilangan pendapatan.

“Ini yang sedang dikumpul datanya untuk bisa mendapat bantuan pemerintah,” ujar dia.

Dana yang diberikan untuk membantu rakyat miskin dan rentan miskin ini tak sepenuhnya dari Pemprov DKI. Alokasi bantuannya sebesar Rp880 ribu dari pemerintah pusat dan sisanya dari anggaran Pemprov DKI.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *