Indonesia Desak China Selidiki Kasus Pelarungan ABK Indonesia di Laut Korsel

  • Whatsapp

 

INDOPOLITIKA.COM- Pemerintah Indonesia mendesak China untuk menjelaskan situasi dan aturan kerja di atas kapal, terkait adanya dugaan pelecehan para pekerja Indonesia di sebuah kapal ikan berbendera China.

Muat Lebih

Desakan ini mencuat setelah beredar video pelarungan jenazah anak buah kapal (ABK) asal Indonesia di laut lepas perairan Korea Selatan. Dalam video itu kapal yang melakukan pelarungan tersebut berbendera China Long Xing 629 dan Tian Yu 8. Prosedur pelarungan dan perlakuan terhadap ABK menjadi sorotan utama pemerintah Indonesia.

“Pertama kami meminta otoritas RRT melakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap kapal-kapal yang terlibat dalam kasus ini. Termasuk situasi kerja dan kondisi di kapal,” papar Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam siaran pers, Kamis (7/5/2020).

Saat ini Indonesia sedang menangani 46 kasus ABK , dan satu orang meninggal dunia, yang bekerja di empat kapal China dan tiga ABK meninggal asal Indonesia yang dilarung atau dikubur di laut lepas.

Pemerintah, kata Menlu, juga terus meminta klarifikasi apakah proses penguburan di laut itu sesuai dengan prosedur lembaga buruh internasional.

“Jika hasil penyelidikan ditemukan pelanggaran maka kita mendesak pihak otoritas RRT untuk melakukan penegakkan hukum yang adil,” tandasnya. (rma)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *