Ini Tantangan & Hambatan Yang Akan Dijumpai Tito Karnavian Jika Nyapres di 2024

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin menilai, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memang punya keinginan maju jadi capres dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

“Tito memang punya keinginan maju, Peluang Tito ada. Namun Tito akan banyak menghadapi kendala dan tantangan,” ujar Ujang saat di hubungi Indopolitika.com, Sabtu (01/02/2020).

Muat Lebih

Sekadar latar, isu pencapresan Tito ini muncul pasca pidato Menko Polhukam Mahfud MD  di acara launching Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Grand City Surabaya. Di acara itu Mahfud memuji sekaligus mendoakan Mendagri, Tito Karnavian menjadi Presiden RI 2024.

“Pada 2010, saya melihat beliau (Tito) di TV, anak ini kok cerdas sekali. Saya tanya dari mana, ternyata dia dari Palembang, saya tanya murid saya, ‘Eh, kamu kenal ndak?’ (Dijawab) ‘Kenal, dia orang hebat. Pasti suatu saat tahun 2022 beliau akan jadi Kapolri’. Ternyata lebih cepat, 2016 beliau sudah jadi Kapolri. Dan sekarang jadi Mendagri, 2024 mudah-mudahan jadi presiden,” kata Mahfud, Jumat (31/01/2020).

Kembali pada keterangannya Ujang. Saat ditanya apa saja kendala dan tantangan yang bakal dihadapi eks Kapolri ini jika maju sebagai capres?

Ujang menyebutkan, salah satunya hambatan dan tantangan yang akan ditemui Tito adalah latar belakang dia sebagai polisi. Dia bilang, hingga kini citra kepolisian dimata masyarakat belum baik sepenuhnya.

“Apalagi ketika Pilpres 2019 kemarin, ketika Tito masih jadi Kapolri, pandangan masyarakat negatif ke Tito, karena menegakkan hukum tak adil, dianggap banyak mengkriminalisasi ulama, dan lain-lain,” jelasnya.

Lantas seberapa besar peluang Tito jika dibandingkan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan mantan cawapres Sandiaga Uno pada Pilpres 2024 mendatang, ujang enggan berkomentar panjang terkait hal itu.

“Semuanya tergantung pada dinamika politik yang berkembang hingga nanti. Politik sifatnya dinamis. Tiap saat berubah-ubah,” pungkasnya.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *