Innalillahi, Tokoh Buruh Muchtar Pakpahan Meninggal Dunia

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM –  Kabar duka datang dari tokoh buruh Muchtar Pakpahan. Ia dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (21/3) di usia 67 tahun. Almarhum mengembuskan napas terakhirnya di RS Siloam, Semanggi, Jakarta.

Kabar meninggalnya Muchtar Pakpahan disampaikan oleh Direktur Eksekutif Migran Care, Wahyu Susilo, dikutip dari akun Twitternya, Senin (22/3/2021).

Muat Lebih

“Selamat jalan bang Muchtar Pakpahan. Keberanianmu mendirikan Serikat Buruh Sejahtera Indonesia saat rezim Orde Baru hanya mengakui SPSI adalah teladan perlawanan,” tulisnya di akun @wahyususilo, Senin (22/3/2021).

Muchtar meninggal dunia saat menjalani perawatan di RS Siloam, Semanggi, Jakarta Selatan akibat penyakit kanker.

Muchtar sempat menjalani perawatan di Penang, Malaysia, dan kembali ke Indonesia beberapa waktu lalu dalam kondisi sehat.

Namun, belakangan penyakitnya kambuh kembali, sehingga harus kembali menjalani perawatan di rumah sakit, tetapi akhirnya meninggal dunia.

Muchtar Pakpahan lahir di Bah Jambi II, Simalungun, Sumatera Utara, 21 Desember 1953. Almarhum adalah tokoh buruh Indonesia yang mendirikan serikat buruh independen pertama di Indonesia.

Semasa hidupnya, Muchtar memimpin Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) dari 1992 hingga 2003. Selanjutnya menjabat Ketum DPP Partai Buruh (2003-2010). Lantas sejak 2012 kembali memimpin SBSI, hingga sekarang.

Pria yang telah memperoleh berbagai penghargaan hak asasi manusia internasional itu juga semasa hidupnya aktif sebagai pengacara di firma hukumnya, Muchtar Pakpahan Associates. Dia juga mengajar di Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (UKI). [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *