Innalillahi…Arbi Sanit, Pengamat Politik dan Juga Guru Besar UI Meninggal Dunia

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Pengamat politik yang juga besar Universitas Indonesia (UI) Arbi Sanit meninggal dunia, Kamis (25/3/2021). Almarhum sempat dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Arbi Sanit yang meninggal dalam usia 81 tahun di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, sekira pukul 07.15 WIB pagi tadi merupakan tokoh kelahiran Painan, Sumatra Barat, pada, 4 Juni 1939.

Muat Lebih

Kabar duka tersebut disampaikan oleh anak almarhum, Feri Sanit. Dia berharap semua pihak memaafkan semua kesalahan ayahnya semesa hidup.

“Innalillahi wainnailaihi Rojiun telah meninggal dunia Bapak saya Arbi Sanit di RSCM pukul 07.15 WIB, mohon dibukakan pintu maaf bila Bapak ada salah,” ucap Feri Sanit, Kamis (25/3/2021).

Menurut Feri, almarhum Arbi Sanit sempat dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dan meninggal pukul 07.15 WIB. Dia pun meminta agar semua pihak dapat memaafkan semua kesalahan yang pernah dilakukan ayahnya selama hidup.

Kabar meninggalnya Arbi Sanit juga dicuitkan politisi Demokrat Rachland Nashidik melalui akun Twitternya @RachlanNashidik. “Innalillahi wainailaihi rojiuun. Seorang akademisi yang teguh pada sikap kritis dan kemerdekaan akademis. Intelektual yang memihak pada the underdog, rakyat  yang ditinggalkan atau disingkirkan. Ini kehilangan besar bagi seluruh cendekia Indonesia,” tulisnya seraya menampilkan berita meninggalnya almarhum.

Sekadar informasi, Arbi Sanit merupakan pria kelahiran Painan, Sumatera Barat pada 4 juni 1939. Ia pernah menjadi dosen ilmu politik di Universitas Indonesia dan Universitas Prof Dr Hamka, seperti dikutip dari Wikipedia.

Almarhum anak kelima dari 11 bersaudara. Ia tergolong sosok pendiam semasa sekolah dan kuliah sepeninggal ayahandanya, Wedana Muara Labuh di Sumatera.

Arbi Sanit lebih suka belajar dan tidak mengikuti kegiatan di kampus. Bahkan, dirinya mengisi waktu juga dengan bekerja di perusahaan pelayaran Djakarta Lloyd hingga menjadi asisten dosen di fakultasnya.

Gelar sarjananya dari Fisip UI diraih pada 1969 dengan skripsi Partai Komunis Indonesia: Sumber Kekuatan Politik di Pedalaman Jawa Tengah dan Jawa Timur 1952-1965. Ia melanjutkan pendidikan dengan mengambil Program Non-Gelar Sistem Politik Indonesia di Universitas Wisconsin, Amerika Serikat (1973-1974).

Beragam karya tulis, pernah dibuatnya seperti Sistem Politik Indonesia (1981), Perwakilan Politik di Indonesia (1985), Partai, Pemilu, dan Demokrasi (1997).

Sebagai guru besar Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) UI Arbi Sanit dikenal sebagai salah satu ilmuwan sekaligus pengamat politik yang tajam analisnya. Tak heran bila pendapat dan pemikirannya kerap mewarnai sejumlah media massa. [ind]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *