Isdianto: Kami Akan Jaga Kedaulatan NKRI, Baik di Natuna maupun Wilayah Perbatasan Lainnya

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Plt Gubernur Kepulauan Riau, Isdianto menegaskan, dirinya bersama masyarakat Kepri berkomitmen untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kepri, sebagai daerah yang berbatasan dengan banyak negara, sangat komit dengan kedaulatan negara.

“Kami bersama seluruh masyarakat Kepulauan Riau dengan segala keterbatasan siap mempertahankan kedaulatan NKRI, baik di Natuna maupun wilayah perbatasan lainnya,” kata Isdianto, baru-baru ini.

Muat Lebih

Menurut Isdianto, Pemprov Kepri menegaskan bahwa Laut Natuna Utara yang terbentang dari Kepulauan Natuna hingga Kepulauan Lingga adalah bagian dari wilayah teritorial Indonesia. Pulau-pulau yang ada di kawasan ini merupakan pulau terdepan NKRI.

Karena itu klaim pemerintah Cina dan pengawalan kapal melalui coast guard merupakan bentuk pelangaran kedaulatan NKRI, karena ZEE Indonesia di perairan tersebut memiliki legal standing yakni UNCLOS 1982. “Bahwa klaim pihak China itu tidak berlandaskan hukum internasional yang diakui oleh Konvensi Hukum Laut PBB atau United Nations Convention for the Law of the Sea (UNCLOS),” jelasnya.

Saat kunjungan Presiden Jokowi ke Natuna beberapa hari lalu, Isdianto berharap program pembangunan yang sudah direncanakan Pemerintah Pusat segera diesksusi di Natuna. Termasuk memberikan bantuan kapal-kapal tangkap ikan yang ukurannya lebih besar. “Sehingga Kekayaan laut di Natuna yang masuk dalam wilayah NKRI adalah milik bangsa ini dan dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” imbuhnya.

Jembatan Babin Dipastikan Dibangun 2021

Isdianto juga memastikan pembangunan Jembatan Batam Bintan (Babin) akan dibangun tahun 2021. Menurut Isdianto, kepastian itu disampaikan Presiden Joko Widodo kepadanya menjelang kepulanganya ke Jakarta dari Bandara Raden Sadjad, Ranai, Natuna,Rabu,(8/1/2020).

“Alhamdulillah, Pak Presiden Jokowi (tadi) memastikan Jembatan Batam Bintan dimulai tahun 2021. Menjelang naik tangga Pesawat Kepresidenan, Pak Jokowi menyampaikan kepastian pembangunan itu. Ini semua berkat doa dan dukungan masyarakat Kepri,” kata Isdianto.

Bagi Isdianto, kepastian yang disampiakan Presiden untuk pembangunan Jembatan Babin di Kepri menjadi hadiah terbaik tahun baru 2020 untuk masyarakat Kepri. Karena selama ini pernyataan tegas Presiden terhadap kepastian pembangunan jembatan Babin Kepri itu memang ditunggu masyarakat. “Kalau masyarakat sudah mendoakan Insya Allah semua akan terkabul. Kalau kita bersama dan bersatu Insya Allah semuanya akan mudah,” kata Isdianto.{asa}

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *