Jadi Tersangka Kasus Suap Wahyu Setiawan Mundur Dari KPU, Digantikan Raka Sandi

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan, yang kini ditahan KPK lantaran terjerat kasus suap akan digantikan oleh Anggota Bawaslu Provinsi Bali, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi. Pasalnya, I Dewa Kade Wiarsa meraih suara tertinggi ke delapan dalam proses pemilihan Anggota KPU pada 2017 lalu.

Wahyu Setiawan sudah resmi menyampaikan surat pengunduran diri sebagai Komisioner KPU kepada Presiden pada Jumat (10/1/2020).

Muat Lebih

“Kalau nomor urut berikutnya nomor 8 kalau tidak salah Pak I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi. Dulu dia Ketua KPUD Provinsi Bali, sekarang dia anggota Bawaslu Provinsi Bali,” kata Ketua KPU Arief Budiman dalam konferensi pers di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

Lebih lanjut Arief menjelaskan, sesuai Undnag-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, pengganti komisioner KPU yang sudah tidak memenuhi syarat, adalah peraih suara tertinggi di bawahnya. Dengan demikian, pengganti Wahyu, kata Arief sudah bisa dipastikan.

“Jika memenuhi syarat maka yang menggantikan peroleh suara terbanyak selanjutnya. Undnag-undang sudah mengatur jelas siapa yang berhak untuk mengantikan kalau ada PAW (anggota KPU),” ungkap Arief.

Menurut Arief, dalam UU Pemilu, tidak ada batas waktu jabatan Komisioner KPU tersebut kosong. Pasalnya, penggantian tersebut tergantung dari keputusan Presiden.

“Jadi kami serahkan sepenuhnya kepada bapak presiden,” pungkasnya.

Berikut ini hasil perolehan suara para calon anggota KPU periode 2017-2023 saat voting DPR pada 2017 silam:

1. Pramono Ubaid Tanthowi: 55
2. Wahyu Setiawan: 55
3. Ilham Saputra: 54
4. Hasyim Asy’ari: 54
5. Viryan: 52
6. Evi Novida Ginting Manik: 48
7. Arief Budiman: 30
8. I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi: 21
9. Yessy Y Momongan: 6
10. Sigit Pamungkas: 4
11. Ferry Kurnia Rizkiyansyah: 1
12. Sri Budi Eko Wardani: 1
13. Ida Budhiati: 1
14. Amus Atkana: 0 [sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *