Jemaah Haji Lansia di Kabupaten Bekasi Mulai Divaksin Covid-19

  • Whatsapp
INDOPOLITIKA.COM — Sekjen Kemenkes RI Oscar Primadi didampingi Kepala Pusat Kesehatan Haji Eka Jusuf Singka dan Kadinkes Kab. Bekasi Sri Enny Mainiarti, meninjau pelaksaan vaksinasi COVID-19 untuk 465 Lansia jemaah haji kab. Bekasi, Jawa Barat (19/3). Vaksinasi pertama bagi jemaah haji lansia ini dilaksanakan di stadion Wijaya Mukti, kab. Bekasi, Jawa Barat.

Sekjen Oscar mengatakan bahwa yang hadir pada vaksinasi ini adalah orang tua yang akan melaksanakan ibadah haji dan masuk dalam skema vaksinasi Lansia yang sedang dilaksanakan saat ini.

Muat Lebih

“Awalnya adalah vaksinasi untuk Nakes, selesai sudah. Kemudian untuk para pemberi pelayanan publik yang saat ini sedang berjalan bersama dengan vaksinasi untuk Lansia. Banyak Lansia yang sudah mendaftar dan harus berangkat ke Tanah Suci tahun lalu, tapi karena kendala pandemi, jadi diundur. Saat ini memang ada kewajiban vaksinasi COVID-19, sebagaimana diwajibkan juga oleh pemerintah Arab Saudi”, kata Sekjen Oscar.

Saat ini tercatat lebih dari 57 ribu Lansia calon jemaah haji yang seluruhnya disiapkan vaksinasinya. Sehingga bila ada pengumuman dapat berangkat haji tahun ini, semua sudah siap. Sebelumnya, para Lansia jemaah haji telah mendapatkan vaksinasi meningitis tahun lalu.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Sri Enny Mainiarti menyatakan bahwa vaksinasi pertama untuk lansia jemaah haji selesai hari ini. Ia mengatakan, hingga saat ini tidak ada kendala berarti dalam pelaksanaan vaksinasi pada lanjut usia jamaah haji.

“Sejauh ini lancar, malah sebagian besar sangat antusias meskipun dengan kondisi yang memang namanya lansia ya pelan-pelan. Belum ada laporan berapa yang kategori tunda, vaksinasi juga masih berlangsung,” tambahnya.
Menurut Enny, vaksinasi khusus Lansia ini ditargetkan selesai hari ini juga.

“Luar biasa semangat orang tua kita, mereka sudah benar-benar rindu, ingin segera berangkat ke Tanah Suci. Semoga otoritas Saudi Arabia memberi kuota keberangkatan orang tua kita yang akan menjadi tamu Allah, tahun ini,” katanya.

Terkait kuota jemaah haji, Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes RI Eka Jusup Singka, mengatakan bahwa Indonesia masih menunggu ketatapan pemerintah Arab Saudi.

“Sambil menunggu, kita melaksanakan persiapan. Salah satunya adalah vaksinasi COVID-19 dan menjalankan protokol kesehatan. Ini harus menjadi komitmen semua pihak”, kata Eka.

Saat ini seluruh dunia masih menunggu informasi dari Arab Saudi terkait pelaksaan haji tahun ini. Namun demikian Kementerian Kesehatan RI telah menyiapkan seluruhnya mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga vaksinasi, tegas Eka. [ind]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *