Jiwasraya Dituding Rugi Pasca Beli Saham Perusahaan Erick Thohir, Stafsus Kemen BUMN: Saham Mahaka Bukan Gorengan

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- PT Asuransi Jiwasraya diketahui sempat membeli saham perusahaan yang didirikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, yakni; PT Mahaka Media Tbk (ABBA). Saat itu, manajemen Jiwasraya membeli saham ABBA sekitar Rp 14,9 miliar.

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengakui, Jiwasraya memang pernah membeli saham PT Mahaka Media Tbk (ABBA). Pembelian saham tersebut dilakukan pada 23 Januari 2014.

Muat Lebih

“Saham yang dibeli sekitar hampir Rp 15 miliar, yaitu 14,9 miliar dengan harga saham saat itu Rp 95 per saham,” ujar Arya di Jakarta, Jumat (27/12/2019).

Namun, lanjut Arya, Jiwasraya kemudian menjual saham pada 17 Desember 2014. Nilainya saat itu lebih dari Rp 11 miliar dengan harga saham Rp 114 per saham. Pada hari yang sama, Jiwasraya kembali menjual saham senilai Rp 6 miliar dengan harga Rp 112 per saham. Jadi dalam transaksi itu tak ada kerugian yang diderita Jiwasraya .

“Keuntungan Rp 2,8 miliar ketika beli saham ABBA. Atau untung 18 persen lebih. Jadi enggak sampai setahun ketika beli saham Mahaka, Jadi beda dengan saham gorengan. Itu melebihi bunga bank, bahkan lebih dari JS Saving Plan,” jelasnya.

Sebagai informasi, tuduhan soal keterlibatan perusahaan Erick Thohir dalam kasus kesulitan keuangan yang menjerat Jiwasraya diungkapk Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Poyuono.

Dalam pernyataan yang dikeluarkannya beberapa waktu lalu ia meminta Presiden Jokowi untuk mencopot Erick Thohir dari posisinya sebagai menteri BUMN. Desakan pencopotan disuarakannya terkait investasi Jiwasraya di saham ‘sampah’. Salah satu saham sampah yang ia sebut berkode ABBA atau yang disebut dengan PT Mahaka Group, perusahaan milik Erick Thohir.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *