Kemenkumham Pasang 201 Detektor Cegah Virus Corona

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Kementerian Hukum dan HAM terus melakukan pencegahan masuknya virus corona dari berbagai negara melalui pintu-pintu masuk negara. Salah satu cara yang dilakukan yaitu dengan menggunakan thermal scanner.

Melalui alat pemindai suhu tubuh atau dikenal thermal scanner, setiap manusia yang akan masuk ke Tanah Air akan terpantau kondisi kesehatannya. Alat tersebut pun tersebar di puluhan pelabuhan dan bandara.

Muat Lebih

“(Alat tersebut) memaksimalkan pendeteksi suhu tubuh terhadap seluruh penumpang yang tiba di Indonesia,” kata Direktur Lalu Lintas Keimigrasian Kementerian Hukum dan HAM Cucu Koswala di Jakarta, kemarin.

Cucu menyampaikan, thermal scanner ditempatkan di seluruh Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI). Total terdapat 201 TPI, sebanyak 93 Pelabuhan Laut, Bandar Udara 34 titik, Pos lintas Batas Negara sejumlah 8 tempat, 39 Pos Lintas Batas Darat, dan 27 Pos Lintas Batas Perairan.

Antisipasi virus corona, kata dia, tidak hanya dilakukan terhadap penumpang yang datang dari China, tapi terhadap negara-negara lain. Pihaknya juga membekali petugas Imigrasi berupa masker, sarung tangan hingga pembersihnya untuk memberi perlindungan bagi petugas yang berjaga. “Mudah-mudahan tidak ada yang lolos (pantauan),” ucap Cucu.

Berdasarkan data dari Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, jumlah warga negara China yang paling banyak menggunakan visa bebas kunjungan yang mencapai 1.786.101 orang, visa kunjungan sebanyak 92.206 orang, visa kunjungan saat kedatangan 30 Hari sebanyak 70.405, Visa Tinggal Terbatas 44.906 dan Multiple Entry (Merp) 35.707 orang.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *