Kepala BPS: Wabah Virus Corona Pasti Berdampak Pada Jumlah Kunjungan Wisman Tiongkok

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto memprediksi virus corona yang mewabah di Cina akan mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia, mengingat kontribusi turis asal Cina ke Indonesia itu mencapai sekitar 12 persen pada 2019.

“Kalau kita lihat ada larangan kunjungan dari pemerintah Cina untuk bepergian ke negara lain dan ada juga larangan dari Indonesia, pasti nanti akan berdampak. Kalau ada larangan, pasti berpengaruh,” ujar Suhariyanto dalam keterangannya, Senin (03/02/2020).

Muat Lebih

Suhariyanto mengatakan, berdasarkan data BPS, jumlah kunjungan wisman dari China sebesar 11,2 persen atau sekitar 2 juta dari jumlah wisatawan keseluruhan sebesar 16 juta pada 2019.

“Perlu dijadikan catatan ini adalah bulan Desember, jadi kalo dilihat bulan Januari sampai Desember, presentase jumlah wisman dari Tiongkok itu 12 persen. Kalau nanti ada larangan pasti dia akan berpengaruh pada jumlah wisman. 12 persen lumayan tinggi loh, dari total 16 juta itu adalah seperdelapannya sekitar 2 juta,” jelasnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Indonesia mengeluarkan larangan bagi seluruh pendatang asal Cina daratan untuk memasuki Indonesia. Larangan tersebut diberlakukan seiring merebaknya wabah virus corona yang berasal dari Kota Wuhan di negeri tirai bambu tersebut.

Pelarangan itu bersifat sementara. Dengan demikian, semua pendatang yang tiba dari daratan Cina dan sudah berada di sana selama 14 hari untuk sementara tidak diizinkan untuk masuk dan melakukan transit di Indonesia.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *