Keren, Tol Trans Jawa Kini Bisa Bernyanyi

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Kecalakaan di jalan tol kerap terjadi lantaran pengemudi tidak fokus, mengantuk hingga melebihi batas kecepatan.

Untuk meminimalisir hal tersebut, kini telah diterapkan rumble trip. Fungsi dari rumble trip untuk menyadarkan pengemudi dengan suara seperti bernyanyi.

Muat Lebih

Teknologi singing road yang telah diterapkan di luar negeri ini, telah diterapkan di tol Tran Jawa, Kilometer 644 arah Surabaya-Solo, Jawa Timur.

Inovasi ini diketahui melalui unggahan seorang sopir bernama Apit Saputra  melalui akun Instagram pribadinya, @apitsaputra85. Ia merekam momen saat kendaraan yang ditunggangi melintasi rumble strip.

“Singing road pertama di Indonesia, garis beranda yang menimbulkan alunan musik di KM 644 Tol Trans Jawa arah Surabaya-Solo. Apa kegunaanya, yuk komen di bawah,” tulis statusnya.

Jika dilhat, singing road memiliki 12 garis terputus yang menempel di tengah jalur cepat. Dari video yang diunggahnya ke media sosial, terdengar bahwa alunan musik yang dihasilan dari rumble strip itu mirip seperti pengucapan ‘Selamat Ulang Tahun’.

Sementara itu, PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri mengatakan, singing road atau jalanan bernyanyi akan jelas terdengar jika kendaraan berkecepatan antara 80-100 kilometer per jam.

Mengenai pemilihan lagu selamat ulang tahun, Direktur Utama PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri memiliki alasan khusus. “Nada lagu ini sengaja dipilih karena sudah familiar di telinga masyarakat,” ujarnya.

Perlu diketahui, teknologi singing road, telah diterapkan di Indonesia pada tahun 2019 lalu.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *