Libur Nataru, Turis ke Indonesia Menurun Tapi WNI ke Luar Negeri Meningkat

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Libur Natal dan Tahun Baru, kunjungan turis ke Indonesia terdata menurun. Sementara kunjungan WNI ke luar negeri malah meningkat.

Kepala Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarnp Hatta, Safar Muhammad Godam mengatakan, WNI ke luar negeri melalui Bandara Seokarno Hatta (Soetta) di tahun 2019 meningkat dibandingkan tahun 2018 lalu.

Muat Lebih

Periode tanggal 1-21 Desember 2019, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Bandara Soekarno-Hatta, catat sebanyak 218.365 WNI yang ke luar negeri.
Sementara kunjungan WNA ke Indonesia di priode yang sama adalah sebanyak 120. 075 orang.

Godam menjelaskan, angka kunjungan WNA ke Indonesia pada tahun ini sedikit menurun dibandingkan tahun 2019.

“Untuk WNA tahun ini dibandingkan dengan tahun 2018 terjadi penurunan kurang lebih 3 persen. Kemudian untuk WNI yang bepergian ke luar negeri terjadi peningkatan kurang lebih 3 persen,” kata Godam, Rabu (25/12/2019).

Menurut Godam, penurunan angka kunjungan WNA ke Indonesia pada tahun ini karena tidak ada perhelatan event Internasional seperti pada tahun 2018.

“Penurunan kunjungan WNA ke Indonesia dibandingkan 2018 pada tahun 2019 minim event Internasional seperti ASIAN Games, Paragames dan IMF di tahun 2018. Sehingga terjadi penurunan, namun tidak signifikan,” ucapnya.

Adapun WNA yang datang berkunjung ke Indonesia pada tahun 2019 didominasi oleh WN China, Malaysia, Jepang, Singapura dan Korea Selatan.

“Untuk tujuan WNI yang bepergian ke luar negeri adalah ke Singapura, Saudi Arabia dan ke Jepang,” kata Godam.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *