LKPJ Bupati 2023! DPRD Kabupaten Tangerang Keluarkan Sejumlah Rekomendasi Perbaikan Kinerja 

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Dalam rapat penyampaian rekomendasi DPRD Kabupaten Tangerang yang dipinpin oleh Wakil Ketua Astayudin ini, DPRD mengeluarkan sejumlah rekomendasi atas tidak maksimalnya kinerja SKPD.   

Wakil Ketua DPRD Adi Tiya Wijaya dalam pemaparannya menyampaikan, pada prinsipnya roda pemerintahan sudah berjalan on the track.  

Muat Lebih

Namun untuk mewujudkan visi misi Kabupaten Tangerang yakni Mewujudkan masyarakat Kabupaten Tangerang yang Religius, Cerdas, Sehat dan Sejahtera, masih perlu perbaikan-perbaikan di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) serta kerjasama antar organisasi yang belum maksimal. 

Aditya merinci, sejumlah rekomendasi yang dikeluarkan DPRD diantarnaya di sektor Pendidikan masih belum terjadinya pemerataan sarana dan prasarana pendidikan.  

Misalnya ada di salah satu kecamatan di wilayah Kabupaten Tangerang yang hingga kini belum memiliki sekolah negeri, sehingga akses anak-anak usia sekolah untuk mendapatkan sekolah yang layak belum tercapai. 

Selain itu, pemerintah juga harus meningkatkan kompetensi guru dan memberikan biaya operasinal pendidikan (BOP) bagi sekolah swasta di Kabupaten Tangerang. 

Di sektor Kesehatan, program penanggulangan stunting dan penanganan kemiskinan ekstrim juga perlu ditingkatkan. Selain itu, penambahan tempat tidur di rumah sakit dan pelayanan yang humanis perlu dilakukan di setiap rumah sakit dan puskesmas yang ada.  

Untuk rumah sakit Tigaraksa perlu dioptimalkan sumber daya manusia dan sarana serta prasarananya agar lebih maksimal dalam pelayanan. 

Bidang Ketenagakerjaan, Pemkab Tangerang perlu mendorong investasi untuk membuka lapangan pekerjaan baru. Selain itu pendidikan dan pelatihan di bidang ketenagakerjaan juga perlu ditingkatkan kembali.  

Bidang Sosial, pemerintah harus terus menjalankan program bantuan yang disarankan pemerintah pusat dengan memperbaiki data dan pelayanan pada Dinas Sosial.  

Baik pada program PKH maupun program sesoal lainnya. Pemkab Tangerang juga perlu menambah jaminan sosial bagi masyarakat miskin di Kabupaten Tangerang. 

 Bidang Keagamaan, Pemerintah Kabupaten Tangerang akan melanjutkan program Sanitasi Pondok Pesatren (Sanitren) meskipun dengan nama yang lain. 

Selain itu DPRD juta mengapresiasi Pemkab Tangerang yang telah meraih WTP 15 kali berturut-turut sebagai wujud tertibnya administrasi dan pelaporan keuangan.  

“Saya berharap pak Pj Bupati dapat mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian dari BPK RI ini,” tegas Adit. 

Menanggapi hal itu, Pj Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono menyampaikan, apa yang telah direkomendasikan oleh DPRD Kabupaten Tangerang ini akan segera ditindaklanjuti.  

Pihaknya juga akan menyampaikan LKPJ ini kepada Kemendagri melalui Dirjen Otonomi Daerah di Kemendagri. 

 “Beberapa rekomendasi ini akan kami tindaklanjuti dan akan kami laporkan ke Kemendagri melalui dirjen otda. Beberapa rekomendasi tersbeut akan kami segera tindaklanjuti,” ungkap Andi Ony usai mengikuti rapat paripurna di gedung DPRD Kabupaten Tangerang. [Red] 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *