MA Tolak Kasasi Terpidana Korupsi APBD Lampung Zainudin Hasan

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi eks Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan. Atas putusan tersebut, adik kandung Ketua Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan ini tetap menjalani putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri, Tanjung Karang, Lampung. Ia tetap dihukum 12 tahun penjara dan aset miliknya dirampas untuk Pemkab Lampung Selatan.

“Amar putusannya (MA) tolak terdakwa. Dan mengabulkan Jaksa Penuntut Umum (JPU),” kata Juru Bicara MA, Andi Samsan Ngaro, Senin (3/2/2020).

Muat Lebih

Vonis tersebut diputuskan oleh Majelis Hakim PN Tanjung Karang, Lampung pada 28 Januari 2020, dengan nomor perkara 113K/Pid.SUS/2020. Adapun duduk sebagai ketua majelis adalah Andi Samsan Nganro kemudian anggotanya, Krisna Harahap dan Leopold Luhut Hutagalung.

Dalam amar putusannya, Zainudin diputus bersalah karena terbukti melakukan korupsi dana APBD Lampung Selatan. Selain, divonis penjara 12 tahun, terdakwa juga didenda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan.

Selain itu, majelis hakim juga menjatuhkan vonis pidana uang pengganti Rp 66.772.092.145 subsider 2 tahun penjara.

“Pidana penjara 12 tahun, pidana denda Rp 500 juta subsidair 6 bulan kurungan,” ujar Andi.

Selanjutnya, aset senilai Rp 40 miliar yang telah disita dirampas untuk Pemkab Lampung Selatan. Adapun sisanya, Rp 66 miliar wajib dikembalikan Zainudin Hasan. Bila Zainudin tidak membayar, harta disita jaksa untuk dilelang dan disetor ke negara. Bila masih kurang, maka hukuman Zainudin ditambah selama 18 bulan penjara.

Zainudin dijerat kasus tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang perkara kasus suap fee proyek di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Lampung Selatan.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *