Maju Pilkada, Gibran dan Bobby Manfaatkan Momentum untuk Memperoleh Kekusaan

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Putra dan menantu Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution, siap maju di Pilkada 2020 mendatang.

Direktur Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah, menyinggung bahwa keduanya memanfaatkan momentum untuk memperoleh kekuasaan di daerah, dan alasan paling mengemuka pencalonan keduanya adalah popularitas Jokowi.

Muat Lebih

“Tentu saja hal itu membuat kisah politik ini semacam dinasti. Sementara sisanya, mengandalkan keberuntungan dengan membangun narasi kepeduliaan pada kondisi kota pilihan masing-masing,” kata Dedi, kepada Indopolitika.com, saat dihubungi melalui sambungan telephone, pada Minggu (15/12/2019).

Dikatakan Dedi, jika dicermati instannya waktu ketertarikan keduanya pada politik praktis, maka mudah sekali menerka jika faktor Jokowi lah sebagai penentu.

“Jadi ini bukan soal berani berpolitik, tetapi lebih pada kalkulasi memanfaatkan momentum untuk memperoleh kekuasaan di daerah,” ucapnya.

“Dan alasan tersebut, semestinya tidak perlu dinafikkan, karena bagaimanapun dalam konteks demokrasi, perilaku keduanya dibenarkan sebagai hak warga negara,” imbuhnya.

Hanya saja, Dedi kembali menerangkan, meskipun hak itu melekat pada tiap warga negara, sebaiknya perlu mempertimbangkan etika politik.

“Karena tidak baik bagi regenerasi kepemimpinan, jika yang berkesempatan berkuasa hanya dari kalangan elit oligarki,” pungkasnya. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *