Media Korut Beritakan Kim Jong Un Muncul ke Publik Resmikan Pabrik

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un akhirnya muncul kembali ke publik setelah beberapa pekan ini heboh dikabarkan meninggal dunia. Kim Jong-un membuat kejutan dengan kembali tampil ke hadapan publik. Ini merupakan laporan pertama kegiatan publiknya sejak 11 April.

Kantor berita negara Korea Utara KCNA mengatakan Kim Jong Un menghadiri penyelesaian pabrik pupuk di wilayah utara ibukota, Pyongyang. KCNA melaporkan bahwa Kim memotong pita pada upacara yang digelar pada hari Jumat, 1 Mei 2020. Para hadirin pun bersorak gembira pada acara tersebut.

Muat Lebih

“Mereka yang menghadiri acara tersebut bersorak ‘Hore’ bagi Pemimpin Tertinggi yang memimpin pawai semua orang untuk mencapai tujuan besar kemakmuran,” tulis KCNA.

Dalam foto tersebut, Kim Jong-un tampak sehat dan bugar. Ia juga sempat meninjau lokasi pabrik dan berbicara dengan sejumlah pejabat. Dalam foto lainnya ia tampak duduk dengan sejumlah petinggi negara termasuk adik perempuannya Kim Yo Jong.

Kim Jong-un terakhir kali muncul di depan umum pada 12 April, ketika surat kabar harian partai yang berkuasa, Rodong Sinmun, menunjukkan dia memimpin rapat Politbiro. Hanya tiga hari kemudian, pada 15 April, ia tidak terlihat di perayaan ulang tahun ke-108 penguasa pertama Korut sekaligus kakeknya, Kim Il-sung.

Hal ini mendorong sejumlah outlet media Amerika Serikat (AS) untuk berspekulasi bahwa Kim Jong-un mungkin telah meninggal. Teori-teori seputar ketidakhadirannya pun menyeruak, mulai dari operasi jantung yang dirusak oleh dokter-dokter elit China hingga virus Corona Covid-19 dan segala sesuatu di antaranya.

Presiden AS Donald Trump lebih lanjut memicu spekulasi dengan pernyataan samar bahwa ia memiliki ide yang sangat bagus tentang kondisi Kim Jong-un tetapi tidak dapat mengungkapkannya pada konferensi pers awal pekan ini, diikuti oleh klaim bahwa Kim Jong-un tidak bisa mungkin telah membuat pernyataan publik selama akhir pekan karena tidak ada yang tahu di mana dia.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengatakan, Amerika Serikat (AS) masih tidak mengetahui keberadaan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan sedang mengawasi laporan tentang kesehatannya.

“Kami belum melihatnya. Kami tidak memiliki informasi untuk dilaporkan hari ini, kami mengawasinya dengan cermat,” kata Pompeo kepada Fox News, Rabu (29/4), menjawab pertanyaan soal laporan yang saling bertentangan tentang kesehatan Kim seperti dikutip Reuters.

Tapi, Pompeo menyatakan, AS juga memantau situasi yang lebih luas di Korea Utara, menyusul risiko yang timbul dari pandemi virus corona baru.

“Ada risiko nyata, akan ada kelaparan, kekurangan makanan, juga di Korea Utara,” ujarnya. “Kami memperhatikan setiap hal itu dengan cermat, karena mereka memiliki dampak nyata pada misi kami, yang pada akhirnya akan mendenuklirisasi Korea Utara.” katanya. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *