Mendes Hanya Bantu Bumdes Yang Untung

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) memastikan hanya akan membantu Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang sehat. Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar mengatakan, dia berkomitmen untuk dapat memberi suport kepada kepada Bumdes yang sehat dan berkontribusi kepada keuangan desa. Sementara Bumdes tak sehat, kata Halim harus dievaluasi terlebih dahulu.

“Karena memang prinsipnya, barang (BUMDes) yang sudah bagus harus terus disupport agar semakin lebih baik. Yang belum, akan terus diupayakan agar dapat berkembang menjadi lebih baik,” katanya dalam rilis yang diterima Indopolitika.com Minggu (29/12/2019).

Muat Lebih

Menurut dia, Bumdes yang sehat tentu akan berdampak langsung terhadap perekonomian masyarakat. Karena itu, Bumdes dibentuk untuk mengelola sumberdaya yang ada sehingga warga desa mendapat manfaatnya.  “Supaya bermanfaat bagi masyarakat,” ujar politikus PKB itu.

Sementara, BUMDes yang tidak aktif maupun BUMDes yang sakit dan belum memberikan manfaat bagi desa dan masyarakatnya harus dievaluasi. Sehingga ada langkah lebih lanjut. Caranya dengan melakukan evaluasi secara menyeluruh guna memastikan kondisinya.

“Itu pasti ada suatu yang menjadi problem. Disupport drop, disupport lagi drop lagi, sudah jangan dipaksa-paksa, dievaluasi semuanya. Pengelolanya dievaluasi, dasar perencanaannya dievaluasi, target capaiannya dievaluasi, karena disupport berapa pun sulit berkembang kalau tidak dievaluasi total,” ungkapnya.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *