Menkes Izinkan Tangerang Raya Terapkan PSBB

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Pengajuan status pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dari tiga wilayah di Tangerang Raya (Kabupaten, Kota Tangerang dan Tangerang Selatan) telah disetujui Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Persetujuan itu tertuang dalam surat bernomor HK.01.07/MENKES/249/2020 Tentang Penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar Di Wilayah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang terbit hari ini, Minggu (12/4/2020).

Muat Lebih

Keputusan Menkes itu berlaku mulai hari ini. PSBB akan berlaku selama masa inkubasi (COVID-19) terpanjang (14 hari). Jika masih terdapat bukti penyebaran berupa adanya kasus baru, PSBB dapat diperpanjang dalam masa 14 hari sejak ditemukannya kasus terakhir.

Selanjutnya, para kepala daerah akan menerbitkan Peraturan Bupati/Peraturan Wali Kota sebagai payung hukum teknis pelaksanaan PSBB di tiga wilayah di Tangerang Raya tersebut.
Pemberian izin itu hampir bersamaan dengan wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi. Wilayah yang masuk daerah Jawa Barat itu mendapatkan restu dari Kemenkes kemarin.

Juru Bicara Pemerintah untuk Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Achmad Yurianto menekankan bahwa masyarakat perlu memahami PSBB merupakan upaya pemerintah menekan dan mengendalikan aktivitas manusia selaku medium penyebaran Covid-19, sehingga harapannya infeksi Virus Corona tak lagi meluas.

Oleh karena itu, Yuri menegaskan agar masyarakat bersiap, senantiasa menggunakan masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak aman ketika berkomunikasi, dan tidak keluar rumah, terlebih pulang kampung atau pergi ke luar kota. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *