Menkominfo Berharap RUU PDP Jadi Skala Prioritas Pada Prolegnas 2020

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate berharap Rancangan Undang-undang (RUU) Perlindungan Data Pribadi (PDP) menjadi skala prioritas pada Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2020.

“Statusnya saat ini DPR telah sepakat dengan kami bahwa RUU PDP menjadi RUU prioritas prolegnas. Kita harapkan tahun 2020 Indonesia sudah mempunyai perlindungan data pribadi,” kata Johnny kepada wartawan di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (19/12/2019).

Muat Lebih

Plate menyoroti beberapa hal yang sangat penting berkaitan dengan data, pertama mengenai data yaitu kedaulatan dan keamanan data.

Kedua, pemilik data harus dilindungi kerahasiaanya dan memiliki kewajiban untuk memperbaiki data dari waktu ke waktu. Terakhir, tentang pengguna data, mereka perlu mendapatkan data yang akurat, valid dan tepat.

“Dalam kaitan dengan strategi kita kedaulatan data, software infinity dan security indonesia,” imbuh Johnny.

Johnny juga menyampaikan, data di era digital ini memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Sehingga Indonesia perlu siap untuk memainkan peran dan mempersiapkan strategi untuk kepentingan perekonomian.

“Disamping itu, untuk kepentingan perekonomian dengan baik flows data close border lintas negara, itu yang menjadi prioritas kita. Sebentar lagi mudah-mudahan bisa dikirim ke DPRI,” pungkas pria lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Atmajaya ini.

Diketahui, Badan Legislasi DPR saat rapat awal Desember lalu menyetujui 50 RUU masuk dalam Program Legislasi Nasional 2020, termasuk diantaranya RUU Data Pribadi, RUU Keamanan dan Ketahanan Siber serta RUU tentang perubahan atas UU Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *