Menteri Koperasi dan UKM: Ratusan Ribu Usaha Mikro Paling Terdampak Covid-19

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan, sebanyak 1.785 usaha kecil dan menengah (UKM) terdampak Covid-19. Dan lebih banyak lagi yang terdampak Covid-19 adalah usaha mikro atau UMKM sebagai 163.713.

“Wabah Covid-19 telah memukul keras koperasi dan UKM bahkan pada kesempatan pertama kali,” kata Teten saat menggelar seminar internasional secara virtual mengenai koperasi dan UKM pasca Covid-19.

Muat Lebih

Menurut Teten, koperasi termasuk sektor ekonomi yang paling parah terdampak Covid-19 atau sekitar 45 persen dari total 781 unit koperasi, 158 layanan koperasi (8 persen), dan produsen koperasi 152 unit (7 persen).

“Masalah yang dihadapi adalah kurangnya modal, penjualan yang menurun dan distirbusi yang terhambat. Kebijakan pembatasan jarang dan sosial memang paling berdampak ke UKM,” tandas Teten.

Sementara itu untuk sektor UMKM yang paling besar terdampak Covid-19 adalah sektor makanan dan minuman, industri kreatif dan pertanian. Oleh karena itu, Teten akan memberikan perlindungan dan bantuan kepada UMKM dengan berbagai stimulus dan kebijakan.

“UMKM dengan kategori miskin dan tentan akan mendapat bantuan sosial. Sementara UMKM dengan omset di bawah Rp4,8 miliar akan mendapat insentif pajak,” ujarnya.

Selain itu, pemerintah juga akan memberikan relaksasi dan restrukturisasi pinjaman dan perluasan modal kerja. Sehingga UKM dan UMKM bisa tetap bertahan. (rma)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *