Mesut Ozil Sindir Wapres Ma’ruf Amin Terkait Muslim Uighur?

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Di media sosial dihebohkan mengenai pernyataan pemain Arsenal, Mesut Ozil yang menyindir Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Informasi ini disebarkan oleh akun bernama tarbiyah.net.

Dalam kontennya, Tarbiyah.net membuat tulisan berjudul ‘Mesut Ozil menyindir Indonesia yang Mayoritas Muslim dan Wapresnya Ulama’. Artikel ini diunggahk ke akun Facebooknya pada 16 Desember 2019 lalu.

Muat Lebih

Dalam narasinya, akun Facebook Tarbiyah.net menuliskan, ‘Penggawa Arsenal, Mesut Ozil baru-baru ini melontarkan pernyataan yang menjadi sorotan dunia’.

Benarkah Mesut Ozil melontarkan pernyataan yang menyindir Indonesia dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin?

Ketika ditelusuri, unggahan dan judul artikel tersebut tidak tepat. Sebab isi artikelnya lebih banyak memuat pernyataan dari Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie Massardi.

Adapun klaim bahwa Ozil menyindir pun berasal dari opini Adhie yang ia cuitkan melalui akun Twitter @AdhieMassardi, pada 15 Desember 2019 lalu.

Adhie menulis, “OZIL NYINDIR KITA. pernyataan Mesut Ozil ini nyindir bangsa dan pemerintah RI yg ngaku negeri mayoritas Muslim paling menghormati asas demokrasi dan penguasa (pembesar) negaranya banyak tokoh Islam bahkan Wapresnys eks pemimpin tertinggi ormas Islam terbesar di dunia (PBNU).”

Tulisan itu disertai link berita dari portal rmol.id dengan judul “Mesut Ozil Lantang Bela Uighur, Arsenal: Itu Pendapat Pribadi.”

Dalam berita yang terbit 15 Desember 2019 itu, tidak ada pembahasan mengenai pernyataan Mesut Ozil terhadap Indonesia maupun Wapres Ma’ruf.

Sementara itu Mesut Ozil memang mengkritik kebijakan keras pemerintah China terhadap kelompok muslim minoritas Uighur melalui unggahan di Twitter dan Instagram pribadinya. Tapi ia tidak sedikitpun menyinggung Indonesia apalagi Wapres Ma’ruf Amin.

Ozil mengecam kepada pemerintah China dan kritik kepada negara-negara Muslim yang tidak menyuarakan pembelaan terhadap sesama umat Muslim di Uighur.

Kesimpulan, unggahan tersebut tidak tepat. Sebab, Ozil tidak menyebutkan Indonesia dan Wapres Ma’ruf Amin.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *