MUI Siap Luruskan Pandangan Islam 660 WNI Mantan ISIS

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajukan diri agar dilibatkan dalam rencana pemerintah memulangkan 660 WNI mantan anggota ISIS. Wakil Sekretaris Jenderal MUI Zaitun Rasmin mengatakan ulama harus dilibatkan dalam kebijakan itu. Ulama bisa berperan dalam meluruskan pandangan Islam para mantan ISIS.

“Jadi idenya bagus, prosesnya perlu dilakukan seperti itu, dan perlu pelibatan ulama. Dan sepatutnya memang ulama MUI yang paling bagus diajak adalah ulama MUI karena kumpulan ormas-ormas Islam,” kata Zaitun saat ditemui di Kantor MUI, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Muat Lebih

Zaitun bilang ulama-ulama di MUI paling tepat dilibatkan dalam kebijakan itu karena memegang teguh Islam Wasathiyah. Menurutnya, Islam Wasathiyah adalah pemahaman Islam yang menyelaraskan agama dan kebangsaan.

Menurutnya pelibatan ulama bisa dilakukan saat mempersiapkan para eks ISIS sebelum pulang. Pemerintah bisa meminta bantuan ulama untuk mengecek paham ke-Islaman yang dianut 660 orang tersebut.

“Sangat bagus kalau dilakukan wawancara, pendalaman, sehingga kalau perlu sebelum pulang sudah ada semacam penyamaan persepsi mereka tentang dasar negara kita, konstitusi negara kita,” ucap dia.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *