Munas Apeksi: Jokowi Apresiasi Kinerja Walikota, Airin Dorong Pemda Berinovasi Saat Pandemi

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) akhirnya menggelar Musyawarah Nasional (Munas) ke IVpada Kamis, (11/2/2021) setelah terunda selama setengah tahun akibat wabah Covid-19. Munas kali ini dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya mengatakan dirinya sangat mengapresiasi kerja keras para wali kota di seluruh Indonesia yang telah bergerak bersama-sama dalam penanganan Covied-19 di Indonesia, baik dampak kesehatan maupun dampak di bidang sosial dan ekonomi.

Muat Lebih

“Pandemi Covid-19 belum berakhir. Kita harus bekerja keras, kita juga harus semakin detail untuk menemukan cara-cara baru untuk mengatasi permasalahan, bahkan memanfaatkan kondisi krisis untuk meraih kemajuan yang signifikan,” kata Jokowi.

Seluruh pimpinan daerah juga diminta untuk melakukan langkah ekstra. Yaitu, pengendalian laju penyebaran virus. Yang mana ini jadi prioritas utama. Aplikasinya adalah Disiplin 3 M, Menggunakan Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan.

Sementara itu, Ketua APEKSI sekaligus Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany menjelaskan bahwa pelaksanaan Munas bertema “Penguatan Kapasitas Pemerintah Daerah dalam Penanganan dan Pasca Pandemi Covid-19” ini berbeda dengan sebelumnya. Sebab harus Membatasi kehadiran peserta, kemudian menerapkan Prokes dan sebagian lain menggunakan metode daring.

“Pandemi Covid-19, telah memberikan dampak yang sangat besar terhadap penyelenggaraan pemerintahan di daerah. Dalam rangka penanganan pandemi pemerintah daerah, termasuk pemerintah kota harus melakukan penyesuaian program kerja dan anggaran dan terus melakukan inovasi sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku,” terang Airin.

Sebelum dilakukannya Munas ini, APEKSI sudah melakukan kegiatan pra munas pada 25-28 Januari 2021 secara daring yang menghadirkan pembicara Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen Kejaksaan Agung Sunarta, dan Plh Direktur Jenderal Perimbangan Kementerian Keuangan Askolani.

“Dalam kegiatan tersebut dilakukan pembahasan isu strategis dan faktual dan dituangkan dalam naskah rekomendasi. Kami berharap naskah rekomendasi tersebut. Akan menjadi bentuk kontribusi dari APEKSi,” kata dia

Selanjutnya Airin menambahkan dalam masa pandemi pemerintah daerah harus terus meningkatkan kerja dan terus melakukan inovasi yang didukung oleh anggaran yang memadai.

“Pemerintah daerah harus terus berjalan dalam proses pembangunan dan pelayanan masyarakat. Tetap berprinsip pada tata kelola yang baik dan kualitas pelayanan publik, terkait hal tersebut kami mengharapkan adanya arahan, panduan, juga pencerahan dari bapak Presiden mengenai langkah dan kebijakan langkah pemerintah Kota yang harus lakukan,” paparnya.

Dia berharap dengan adanya Munas ini, pemerintah daerah bisa memberikan masukan untuk penentuan kebijakan apapun dari berbagai sektor. [rif]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *